Sabtu, 12 November 2011

Grooming Menetukan Keberhasilan Seorang Sekretaris

 Pasti kita telah mengetahui apa itu Sekretaris. Sekretaris berasal dari bahasa inggris "Secretary" dan bahasa latin "Secretum" yang keduanya memiliki arti yaiturahasia. Pekerjaan Sekretaris biasanya berhubungan dibidang perkantoran dan administrasi. Dari asal mula katanya kita bisa menarik kesimpulan bahwaSekretaris adalah seseorang yang dipercaya  yang pekerjaannya membantu, memperlancar dan mempermudah pekerjaan pimpinan dalam bidang administrasi kantor agar tujuan perusahaan bisa tercapai. Seorang sekretaris juga harus bisa menjaga kode etiknya sebagai sekretaris dan juga harus menjaga kepercayaan dan kerahasiaan perusahaanSebagai seorang sekretaris kita juga harus memiliki keterampilan, pengetahuan dan wawasan yang yang luas karena seorang sekretaris dituntut untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan juga bekerja dengan teliti. Seorang sekretaris itu adalah otaknya perusahaan. Jadi apa yang dikerjakan oleh sekretaris dapat mempengaruhi dalam pencapaian tujuan suatu perusahaan.
     Untuk menjadi sekretaris syarat-syaratnya yaitu :
  1. Memiliki keterampilan dalam bidang administrasi dan bidang-bidang terkaitnya
  2. Memiliki pengalaman, pengetahuan dan wawasan yang luas
  3. Harus pandai dalam berkomunikasi terhadan kolega maupun pelanggan
  4. Mampu menangani setiap permasalahan yang ada terutama yang menyangkut pekerjaan kantor
  5. Memiliki potensi untuk menjadi sekretaris
  6. Memiliki kesabaran dan keuletan dalam bekerja
  7. Disiplin dan cekataan dalam bekerja
  8. Berpenampilan baik dan menarik
     Grooming atau penampilan diri yaitu suatu penampilan seseorang yang dapat menggambarkan dan mencerminkan kepribadian seseorang. Penampilan diri juga akan memberikan suatu kesan bagi orang lain.  Oleh karena itu grooming mempunyai hubungan yang sangat erat dengan sekretaris. Apabila anda ingin menjadi sekretaris yang baik maka anda juga harus mempunyai penampilan diri dan kepribadian yang baik juga atau dalam istilah bahasa inggrisnya "well groomed". Penampilan diri yang baik dapat mencerminkan kepribadian seseorang yang dapat dilihat dari ucapan dan perbuatannya.
     
     Perlunya grooming atau penampilan diri yang baik dari seorang sekretaris dalam memberikan pelayanan kerja bagi pimpinan terutama relasi atau rekan kerja yang akan mementukan keberhasilan. Sekretaris harus mempunyai daya tarik yang dapat membuat orang memberikan kesan yang positif. Untuk itu sekretaris harus mengetahui prinsip yang harus didiketahui dalam berpenampilan menarik.

  •      Tata cara berdandan 
 Cara berdandan seorang sekretaris tidak perlu menor dan glamour agar terlihat menarik. Berdandanlah secukupnya dan disesuaikan dengan waktu dan posisi dimana kita berada. Janganlah memakai aksesoris atau make-up yang berlebihan karena akan terlihat  norak dan akan menimbulkan kesan yang negatif bagi orang lain dan akan diaanggap orang yang tidak mengetahui tata krama berdandan.

  •       Tata  cara berpakaian
Berpenampilan baik dan menarik tidak dilihat dari pakaiannya yang bagus ataupun yang harganya mahal namun dilihat dari kesesuaian pakaiannya atau cara menyeimbangkannya dengan cara bersolek atau menggunakan aksesorisnya. Dan yang paling utama agar terlihat menarik dalam berpenampilan yaitu menggunakan pakaian yang bersih dan rapi. Pakaian yang sederhanapun apabila rapi, bersih dan sopan maka akan terlihat menarik.

  •        Ukuran ketampanan dan kecantikan
Seorang sekretaris tidak dituntut berwajah cantik ataupun tampan. Tapi penampilan seseorang akan terasa menarik apabila didukung dengan kepribadian yang baik. Ketampanan seorang sekretaris pria tidak dilihat dari fisiknya namun kepribadiannya yang baik, bertanggung jawab, jujur, berwibawa, dan kejantanan akan terlihat bahwa pria itu memiliki daya tarik dan aura yang luar biasa.
Wanita juga tidak dilihat dari wajahnya yang cantik atau fisiknya yang seksi, tapi hati dan prilaku atau kepribadiannya juga harus baik. Ia akan terlihat cantik apabila memiliki kepribadian yang baik, anggun, keibuan, ramah, jujur, sopan&santun, feminim, dan lain sebagainya. Seperti ungkapan yang sering kita dengar,"Wanita yang cantik itu bukan fisiknya melainkan cantik hatinya". Jadi wanita yang cantik itu tidak hanya fisiknya namun hatinyapun harus cantik dan baik. Karena percuma apabila seorang sekretaris itu cantik namun tidak memiliki hati yang baik apalagi tidak memiliki pengetahuan yang luas.

0 komentar:

Poskan Komentar