Nilai
Jual dan Kepercayaan
Disadari
atau nggak, perekonomian Indonesia makin maju loh gengs. Bukti kecilnya seperti
daya beli masyarakat Indonesia yang terus meningkat. Jaman Axa esde, handphone
polyponic aja udah barang mewah banget, kebutuhan tersier. Sekarang coba? Anak
esde bawa smartphone dah bukan hal keren, biasa aja.
Kabar
baiknya sifat konsumtif tersebut dibarengi sama meningkatnya pula produktivitas,
meluasnya lapangan pekerjaan, jadi nggak jomplang. Makin hari makin bermunculan
bak jamur, pemuda pemudi Indonesia yang menunjukan kreasi dan inovasi dalam
berbisnis. Kota-kota yang jadi lahan empuk untuk memulai usaha kecil bagi para
pemuda/i seperti di Jabodetabek, wuih keren lah. Pembangunan makin marak. Lahan
kosong jaman kita kecil udah pada disulap jadi ruko-ruko, tempat-tempat bisnis.
Kadang bikin iri, jadi pengen buru-buru belajar bisnis, bikin genk usaha!!
Axa
pribadi bukan anak gahol yang biasa nongkrong kesana kemari. Tapi sedikit
banyak tahu dari hasil collect data sana-sini. Jadi punya sedikit refrensi
lokasi sasaran empuk muda-mudi, alias strategis buat buka usaha. Mayoritas
muda-mudi milih memulai bisnis nggak jauh-jauh dari Kuliner, karena dianggap
perputarannya cepat. Kayak bikin Coffee Shop, warung ayam bakar, dll. Selain
Kuliner, biasanya muda-mudi buka bisnis clothing line. Dua bisnis yang Axa
contohin tadi itu banyak temen-temen pilih mungkin karena modalnya yang bisa
dijangkau. Kalo taksiran aku mungkin punya modal 50 – 100 Jt kalian dah bisa
start bisnis. Kalo satu genk berlima, patungan uang, patungan ide, pasti
hasilnya maksimal, insyaAlloh.
Seperti
saran Om Ipho Kanan, kalo mulai bisnis harus cari partner patungan, minimal
berdua. Selain bahu membahu cari modal dan ide cemerlang, partner dalam bisnis
juga penting untuk saling memberi support. Ya namanya bisnis, jatuh bangun kan
biasa. Syukur-syukur kita dapet genk bisnis yang saling menguatkan dalam
berbagai kondisi, aamiin.
Sebetulnya
point yang Axa lagi resahkan adalah, kalo wirausaha semakin hari semakin
menjamur, artinya persaingan bisnis makin kompetitif kan yah, saingan
dimana-mana. Memaksa para pelaku bisnis kecil hingga bisnis yang sudah raksasa
untuk konsisten cari cara untuk bisa survive, untuk selalu unggul. Pe-Er yang
ndak ada berhentinya. Itu salah satu fungsi Bussiness Marketing juga yah,
tantangannya makin hari makin luar biasa.
Contohnya
di Kemang, ada ratusan kafe. Temen-temen perhatikan deh, jenis hidangan yang
mereka jual hampir banyak kesamaan, harga? Tentunya sangat bersaing. Akhirnya
hal tersebut merangsang kreatifitas Tim buat bikin hal yang bikin bisnis mereka
beda, punya khas, gitu. Misalnya design interior kafe dibuat seeeeee-menarik
mungkin. Di Kemang ada banyak kan tuh Coffee Shop, ya kopi yunno lah rasanya
kayak apa, se-lezat lezatnya kopi, ya rasanya dari sananya begitu. Tinggal
gimana si tukang raciknya bikin ciri khas.
Lalu
konsep warung makan yang bertema Outdoor juga lagi hits kayak Kedai Pendaki
(Jaktim), TravelMie (Tangerang), Tapak Cafe (Cipinang), dll. Makanan yang
dijual sama, tema warung sama-sama outdoor gitu, tapi masing-masing mereka
punya khas di design interiornya, kayak TravelMie ngegelar banyak tenda dome
ditempat makannya, terus ada tulisan-tulisan khas kayak di gunung gitu,
yuhuuu..
Begitupula
dengan bisnis Clothing Line, para muda-mudi yang terjun langsung ke bisnis ini
berlomba-lomba bikin design se-khas khasnya (apasih hah, bahasaku kacau gengs,
maklum kelamaan tinggal dalem Goa).
But,
Axa selaku pengamat *tsahh* *dijawil* mencerna, nggak hanya design, harga,
rasa, khas atau apapun itu yang musti terus dikembangkan dalam bisnis. Kan
aspek marketing yang kalo ndak salah (price, place, packaging, and apa gitu Axa
lupa, ada kok di postingan 2012, haha). Yang menjadi hal penting adalah gimana
temen-temen men-treat konsumen, bener ndak sih penulisanku, CMIIW ya gengs,
telima kaci dimaklumin terus.
Yang
Axa maksut disini sih, seperti bagaimana kita memperlakukan konsumen (gimana
menyambut mereka, gimana cara minta feedback tentang produk kita, gimana cara
kita berterima kasih, gimana cara kita minta maaf, gimana cara kita mencaritahu
kebutuhan konsumen, gimana cara kita menawarkan, dan lain-lain lah ya) itu ada
kaitannya juga sama ilmu komunikasi bisnis, semester lalu Axa baru dapet mata
kuliah ‘komunikasi Persuasif’, kayaknya ada dibahas, cuma lupa detailnya.
Nggak
cuma di Kemang, tempat jajan yang terpusat ada di pasar santa, atau kalo yang
mahalan dikit temen-temen bisa ke Kelapa Gading, mungkin kalo mahasiswa ndak
cocok kantongnya yah, Axa juga serem kalo nongkrong disana kalo bukan meeting
yang dibayarin klien, wkwkwkwk!!
Kalo
cari lokasi bisnis Clothing Line, mungkin temen-temen bisa ke daerah Tebet,
ndak jauh dari stasiun tuh pusatnya, nempel-nempel sama deretan kafe juga,
strategis.
Kalo
di Bogor mungkin lebih menjamur lagi kawasan bisnis kuliner, salah satunya di
deket2 btm, 10 menit lah jalan kaki dari stasiun. Kalo di Bekasi dll Axa kurang
tau. Kalo di Depok mungkin daerah Cinere, Kukusan Beji, Akses UI atau kelapa 2,
itu cukup rame juga, pusatnya ya jelas margonda. Kalo lagi di Depok, cari
jajanan apa aja, mungkin Margonda jadi spot utama, kamu cari makanan ada, toko
outdoor ada, mall ada, pusat percetakan banyak, salon, toko komputer, dsbg.
Lengkap!! Kapp!! Kapp!!
Ndak
Cuma di pusat kota, diperkampungan pun persaingan bisnis itu juga ketat loh.
Contohnya di deket tempat tinggal Axa daerah hek citayam. Tukang sosis bakar
tersebar, hehe. Yang jelas warung kelontong lah ya, dimana-mana pasti banyak. Itu
loh warung yang jual berbagai kebutuhan sehari-hari, biasanya kita kasih nama
sendiri, warung ucok, warung batak, dll. Hehe
Ada
juga bisnis Laundry Kiloan, wih banyak banget. Ditempat kalian juga banyak kan
tuh ya Laundry Kiloan gitu, apalagi kawasan deket kampus like UI gitu, Laundry
kiloan buanyak banget, harga bersaing, ada paket super cepet gitu, cuci cuma 12
jam, 24 Jam, atau reguler 3 hari, biasanya gitu.
Tapi
beberapa Laundry kiloan ditempat tinggal Axa nggak punya paketan cuci kilat gitu,
cuma ada yang reguler yaitu 3 hari. Nah kebetulan karena beberapa kesibukan,
cucian di rumah numpuk ndak ada yang lagi senggang, makanya mama ambil
keputusan untuk drop aja lah cucian ke londry. Pagi-pagi sambil berangkat Axa
sama mama ngedrop cucian ke salah satu londry terdekat dari gang rumah.
Hari
ini udah hari ke – 4, pikirku normalnya sudah bisa diambil nih cucian, Axa
pergi deh ke londry tersebut buat ambil. Jeng.. jeng.. jeng.. surpriseeeee!!
Sudah 4 hari, ternyata cucian kami belom dipegang sama sekali, digeletakin ajah
di bak. Oh No :’( Alasan mereka karena kurirnya lupa pick up, mesin pribadi
mereka sedang rusak, ya tuhan.
Axa
berusaha tenang. Si Penjaga tsb minta maaf, oke Axa ndak masalah. Tapi biar
gimanapun pihak londry butuh feedback atas cara kerja mereka, supaya mereka
tetap bisa eksis di bisnis tsb, mereka kan punya pesaing di kanan-kiri, kalo
ndak berbenah, ndak takut kehilangan pelanggan2 yang sudah setia mbak? Hmm.
Akhirnya
Axa angkut lagi cucian yang tertumpuk 4 hari ditempat londry tsb.
Dari
situ Axa tiba-tiba flashback pengalaman 4 tahun yang lalu;
Nih
ya, habis lulus SMA sebelom kerja dimana-mana, Axa itu tukang jaga laundry
kiloan milik Bu Reni yang tinggal di Anggrek Raya, yunno?! Dan kejadian kayak
mesin air mati, atau dryer rusak, atau tukang setrika sakit, itu udah hal
biasa. Pernah ada kejadian, cucian lagi banyak., dan Mbak Kokom yang biasa cuci
& setrika ndak masuk karena suaminya sakit. Disamping itu Bu Reni pemilik
londry juga ndak biasa nyuci dan setrika baju sendiri, omaygat..
2
hari itu Axa ngerjain semua sendirian, nyuci, nyetrika, ngebungkusin, sampe
nganterin pakean tsb ke rumah beberapa konsumen, demi menjaga pelayanan londry.
Padahal kalo mau males mikir, ya Axa boleh aja ngebiarin tuh cucian, wong bukan
tugas Axa kok, Bu Reni juga ndak bakal marah. Tapiiiiiii ternyata disitu Axa tanpa
sadar sedang belajar bagaimana ngejaga kepercayaan orang, bukan soal uang, tapi
soal kepercayaan. Orang-orang yang naro cucian di Hafiztha Laundry artinya
percaya pada kami buat cuci baju mereka sesuai sama janji, dan Axa ada andil
didalamnya, gitu aja sih.
Pernah
juga ngalamin, ada pelanggan kami yang minta cuci karpet besar banget gitu. Axa
coba jelasin ke beliau, bahwa kami belum bisa melayani cuci karpet yg besar
gini pak. Tapi beliau terlihat agak kecewa, karena kebetulan kami londry yang
lokasinya paling dekat dengan rumah beliau, biasanya beliau cuci pakaian harian
aja, baru kali itu minta cuci karpet. Tiba-tiba Axa terpikir rencana lain,
gimana supaya pelanggan ndak kecewa. Tentunya Axa butuh persetujuan Bu Reni
pemilik londry, awalnya bu Reni kekeuh bilang ke Bapak tsb supaya cari londry
lain aja yang ada jasa cuci karpetnya.
“Bu,
aku ada usul lain. Laundry yang di jalan Leli itu kan sudah biasa cuci karpet,
tarifnya permeter 8rb, gimana kalo karpet ini kita terima aja, nanti kita bawa
kesana, tapi kita kasih harga ke bapak ini 9rb permeter, itung-itung buat
income kita, kan kita kesana juga bawanya susah, gimana? Yang penting bapak ini
setuju sama harga yang kita tawarin dan tetep terpenuhi kebutuhannya.”
Akhirnya
bu Reni setuju. Axa langsung tawarin harga tsb ke Bapak tadi, beliau ndak
masalah sama harga. Tapi Axa konfirm sebelumnya ke beliau, kalo kita kali ini
belum bisa kasih estimasi selesai berapa hari, karena belum pernah cuci karpet,
gitu. Jadi pelanggan nggak berekspektasi berlebihan sama Londry kami kan.
Sebetulnya
postingan kali ini terpicu sama tweet keluhan mas Alitt ke Telkomsel gegara
masalah jaringan yang dibiarkan berlarut lama, belum juga ada perbaikan.
Telkomsel kan perusahaan besar, mungkin agak lambat kalo nerima masukan dari
individu, kecuali yang komplen serentak. Di tweet’nya mas Alitt nulis, “kalo
ndak berbenah juga, emang Telkomsel mau kehilangan para pelanggan yang sudah
setia?”
Kalo
temen-temen, pengalaman seru apa yang pernah kalian lewati demi menjaga
kepercayaan? =D
Selamat
siang guys, jangan lupa senyum dan berpikir positif ya. Muaachh :*
0 comments:
Post a Comment