Thursday, 15 June 2017

Rekomendasi Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Bali


Hay guys, kali ini aku mau sharing Toko Oleh-oleh khas Bali rekomendasi versi aku ya.
Sebagai jobless belagu yang nolak-nolak kerjaan di Bali, bikin aku jadi makin minim saldo. Tapi, selaku adik dan teman yang (tidak) menyenangkan, alangkah bijaksananya kita tetap kirim oleh-oleh atau souvenir buat keluarga dan temen (favorit) di rumah. Meskipun misalnya belom bisa pulang ke kota asal, paling tidak oleh-olehnya kan bisa dipaketin via ekspedisi toh.
Nah, maka dari itu aku ngerekomendasiin beberapa toko oleh-oleh khas Bali yang cocok buat para backpacker berbudget minim alias bokek, tapi tetap punya niat baik buat kirim oleh-oleh ke keluarga. Berdasarkan pengalaman beberapa hari lalu. Dengan receh-receh yang terkumpul di Bali (tsaahhh) akupun hilir mudik bermodal motor pinjeman bapak kaur forensik polres Denpasar yang baik hati, dan bermodal GPS. Setelah browsing sana-sini, berikut toko oleh-oleh paling rekomen versi aku;
1. Pasar Sukawati Bali
Letaknya di kabupaten Gianyar, merupakan pasar seni terbesar di pulau Bali. Karena aku di kota Denpasar, butuh waktu sekitar 45 menit (by motor itupun kalo tidak macet yah) untuk sampai di pasar Sukawati. Temen-temen bisa keliling puas disini cari berbagai oleh-oleh sesuai keinginan.
2.   Pabrik Kata-Kata Joger
Heyyy siapa pula yang nggak tahu Joger, brand khas Bali yang aduhai ngehits kali rek. Apalagi buat kamu yang suka barang-barang unik, bakal dimanjain banget mata kalian begitu masuk toko ini. Atmospher toko yang juga kental sama nuansa Bali bikin pengunjung betah berlama-lama. Meskipun harga yang dibanderol relatif cukup mahal, tapi worth it lah buat kamu pecinta benda-benda unik. Oiya lokasi Joger di Jalan Raya Kuta, dari pusat kota Denpasar sekitar 15 menit. Aku dari Pura Demak ke arah timur, via jalan imam bonjol, lalu ke arah barat sampe ketemu jalan raya kuta, kalo dari arah jalan pantai, toko Joger ini ada di kiri jalan. Jangan lupa siapkan budget lebih banyak kalo kesini ya, hehe :’) Mungkin karena harga oleh-olehnya sudah (relatif) cukup mahal, kita bebas biaya Parkir hiyeay, lumayan save 2rebu perak guys, hehe. Dan petugasnya ramah-ramah, nice. Fyi, temen-temen dilarang mengambil gambar selama di dalam toko (macam di Bioskop gitchu). Kecuali kalian foto diam-diam (tapi jangan dong yah) kan demi menjaga hak karya cipta si Joger ini, plis bijaksana untuk mematuhi aturan yang ada yah temen-temen.
3.  Toko Larissa
Lokasinya di Jalan Raya Kuta, kebetulan dekat sama kosan ku, aku hanya butuh 10-15 menit naik motor kesini. Dan impression cewek-cewek labil macamku begitu tiba di toko ini tuh, aduh makkk selamatkan dompetku makkk.. karena banyak barang-barang lucu kayak tas, baju, sandal, gantungan kunci yang super lucu dan menurutku ini toko paling murah meriah. Larissa juga menyediakan oleh-oleh makanan. Btw, toko Larissa ini hadap-hadapan sama Joger loh, tapi menyuguhkan benda-benda dengan harga yang jauuuhhh lebih murah.  Oiya kalo habis belanja kamu-kamu lapar, di sebelah toko Larissa ini ada warung nasi yang terkenal banget di Bali yang sering masuk tipi ituh, yap Nasi Pedas Ibu Andika.
4.  Toko Krisna
Haloooo hay, begitu masuk toko ini aku langsung senyum-senyum kegirangan. Pengen belanja semua-muanya, langsung lupa bahwa aku pengangguran hahaha. Soalnya semuaaaaaa jenis oleh-oleh khas Bali ada di toko ini. Mulai dari produk perawatan tubuh khas Bali, souvenir kayak gantungan kunci, patung, mainan, pajangan, sendal, baju, tas, lukisan, aksesoris, sampe makanan, lengkapppppp!! Lucu lucu banget, dan dijamin harganya masuk akal. Hehe
Lokasi toko Krisna di Jalan Sunset Road Kuta, dari toko Larissa tadi, tinggal keep goingggg ke Utara aja sekitar 1Km. Dahsyatnya toko Krisna buka 24Hours loh guys! Mantab kan!! Jadi kalo harus pulang kampung dadakan temen-temen ndak perlu khawatir, langsung capcus ke toko krisna aja cari oleh-oleh.
5.  Toko Erlangga
Lokasinya di Jalan Nusa Kambangan Denpasar. Hampir sama kayak Larissa, disini Erlangga menyuguhkan banyaakkk pilihan oleh-oleh dan souvenir dengan harga murah meriah.
6.  Sepanjang Jalan Legian & Pasar Seni Kuta (deketan lokasinya euy)
Wohaaaaa... berkilo-kilo meter sepanjang jalan Legian, berbaris baaannnyyyakkkkkk banget toko-toko yang jual berbagai souvenir, baju, lukisan, patung, aksesoris, apapun yang khas sama Bali. Aku saranin sih temen-temen jalan kaki, motor dititip aja. Biar puas cuci mata. Karena ada ratusan toko yang bisa temen-temen kunjungi. Enaknya jadi kita bisa bandingin harga toko satu dengan toko-toko di sebelahnya (makkk, macam glodok ajeh hehe).
Tips dari aku saat temen-temen berburu oleh-oleh khususnya buat yang backpacker berbudget minim; Pertama, siapkan energi lebih, karena temen-temen harus keliling satu toko ke toko lainnya untuk mendapatkan harga yang paling sesuai kantong hehehe. Kedua, harus pandai nego sama penjual (kalo di toko toko pinggir jalan seperti di sepanjang jalan Legian atau di Pasar Seni Kuta) karena mereka gak banderol harga. Kebanyakan mereka buka harga tinggi buat turis asing, karena pengalaman kemarin iseng tanya harga jumpsuit si tante tante Bule di sebelah Axa dikasih harga 100k sedangkan pas Axa nanya langsung dikasih harga 60k (bahkan masih boleh nawar jenggg jenggg). Tapi kalo belanja di toko seperti Erlangga, Larissa, dan Krisna semua harga barang sudah dibanderol kok, jadi ndak usah capek tawar-menawar lagi, dan sudah lumayan murah. Ketiga, kalo temen-temen mau beli oleh-oleh makanan, selalu cek tanggal kadaluarsa/expired date yang tertera di kemasan, mereka selalu menyantumkan kok, karena beberapa makanan oleh-oleh khas Bali seperti Pia Bali, Pie Susu, dll masa bertahannya sebentar sekitar 1-2 minggu. Temen-temen bisa perkirakan waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman dari Bali ke kota kalian. Kemarin aku sempet lengah, ngambil Pie Susu yang 3 hari lagi expired, untung mbak petugasnya ingetin aku. Jadi disarankan pilih di rak berbeda, dengan masa expired berbeda dan harga berbeda pula hehehe. Yang expired 3 hari lagi mungkin dijual lebih murah untuk dimakan langsung sama buyernya khan.
Sekian tips (ndak penting) dari Axa. Happy shoping guys!! Salam keep going!! Hiiyeeayy!!

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design