Sunday 8 April 2012

HARI JILBAB SE-DUNIA


   1 Juli adalah salah satu momen yang sangat penting bagi muslimah di seluruh dunia, yaitu Hari Jilbab Se-Dunia. Mungkin banyak di antara kita yang belum pernah mendengar tentang dikenangnya 1 Juli sebagai Hari Jilbab Se-Dunia.
Ditetapkannya Hari Jilbab ini bukan sekedar ditetapkan begitu saja, namun berawal dari terbunuhnya Marwa al-Sherbini (32th) warga Mesir yang dibunuh seorang warga berkebangsaan Jerman di sebuah pengadilan di Kota Dresden, Jerman.
Kisah ini bermula ketika ia mengajukan gugatan atas pelecehan Alex terhadap jilbab yang dikenakannya. Alex beberapa kali melakukan penyerangan dengan mencoba merenggut paksa jilbab yang dikenakan Sherbini. Pengadilan Dresden memvonis dan mendenda Alex, imigran asli Rusia, sebesar 730 euro atau sekitar Rp 9,85 juta. Tak puas atas putusan sidang, Alex pun naik banding. Dalam persidangan naik banding pertama itulah, Alex menyerang Sherbini dan menikamnya hingga tewas.
Sherbini tengah hamil 3 bulan, suaminya sendiri yang mencoba melindungi justru terluka oleh tembakan petugas. Kasus ini tak pelak membangkitkan kemarahan di kalangan umat Islam, khususnya mesir dan kemudian diserukan bahwa 1 Juli sebagai Hari Jilbab Sedunia.
Semoga dengan mengenang kembali syahidnya saudari kita Marwah El-Sherbini, maka akan lebih banyak lagi kaum muslimah yang sadar akan kewajibannya memakai jilbab. Sebagaimana diwajibkan oleh Allah dalam 

Al-Qur’an :
Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda- tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (QS Al-A’raaf (7) : 26)

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design