Monday 26 September 2016

Be Brave
Quotes sepele bin klasik, “Manusia hanya bisa sebatas rencana, Tuhan yang punya keputusan final”. Yap, quotes sepele tapi harus jadi salah satu prinsip, untuk menghindari rasa kecewa dan patah hati atas apa keputusan-Nya.
Contoh kasusnya; handphone & kartu selular Axa rusak total sudah 2 minggu, banyak aktivitas komunikasi yang terpaksa mengalami gangguan, untungnya beberapa bulan terakhir ini penyimpanan kontak telepon sudah Axa setting default untuk save di Google, aman Alhamdulillah. Cuma ya gitu, autobackup lupa Axa aktifkan ke si Xperia jadul hasil lungsuran dari Abang.
Akhirnya setelah berhematttttt dan ber-super-irit sejak dua minggu lalu, tersedialah budget untuk beli handphone baru, browsing spek sana-sini, nyari hape yang (relative) bisa diandalkan, dengan budget minim yang Axa punya.
Nunggu gajian tanggal 25, dan gajian –pun maju 2 hari karena tanggal 25 Sept jatuh di hari Minggu. Yeay!!
Yeay!! 24 September 2016 (malam)
“Yah, besok antar Tha cari hape ya.. sama mau nyari sepatu lari, besok pagi-pagi Tha nyamper ayah ke Pepaya” SMS terkirim ke ayah.
Ayah ngebales, Ok. Malam minggu yang sejuk, hujan turun. Sepulang dari Jobfair di JIExpo kemayoran sore tadi, Axa langsung pulang ke rumah, selamat dari Hujan.
Minggu, 25 September 2016 (Pagi),
Uhh, niat mau bangun sebelum subuh, ternyata jam 6.10 baru bangun, sebel. Seperti biasa, pagi di hari libur, ngajak main dulu kucing kucing menyebalkan, hehe. (Abu, Uba, dan Ableh). Mama asik ngepel, Axa asik ngegodain Uba (kucing kecil, anaknya Abu, yang lagi gemes-gemesnya tiap ngeliat benda-benda bergerak).
Rencananya, Axa cuma mau santai 5 – 10 menit, habis itu mandi dan berangkat ke Pepaya untuk cari handphone.
Beberapa detik kemudian..
Yap, seperti yang Axa bahas diawal, manusia cuma bisa rencana, keputusan final udah ada yang punya skenario. Jadi, saking semangatnya si Uba lari-lari mutarin meja, gak sengaja Uba nubruk kabel charger hape mama yang ngegantung  di meja, hape mama yang lagi di charge di atas meja –pun terhentak jatuh dengan posisi layar menghadap lantai. Memang hanya jatuh sekitar ketinggian 50cm. Tapi, untuk sekelas hape China kualitas teri, sangat wajar hape mama langsung rusak gitu aja. Tapi masalah bukan disitu, biar gimana –pun handphone sudah jadi perangkat penting, gak bisa dipungkiri. Mama langsung kaget, dan kami langsung cek hape itu. Kondisi layar buram, setengah hitam. Axa speechless ngeliat mama masang muka sedih.
Axa buru-buru pake jaket dan jilbab, berusaha menghiraukan mama yang masih terdiam dengan hape rusaknya. Axa menyalakan motor dan pergi menuju Sawangan permai, tadi pas bangun tidur, mama nyuruh Axa nyari pur (umpan/pakan ayam), Beberapa toko makanan hewan dekat rumah kehabisan stok pur, makanya Axa nyari agak jauh ke arah sawangan permai.
30 menit kemudian Axa sudah tiba lagi di rumah. Ternyata di rumah sudah ada tamu (ka Retno dan Deka). Axa makin mati gaya ngeliat mama nangis, kata Ka Retno gara-gara handphone. Uhm..
Dulu mama pernah ngasih wejangan, “menjadi perempuan itu adalah tentang berani mengalah, adalah tentang mengutamakan kepentingan orang tersayang, adalah siap mengambil bagian terkecil dari apa yang kita miliki”
Axa menarik nafas panjang, mencari handphone ‘konvensional’ yang sengaja Ajunk tinggal di rumah, hanya bisa telefon dan sms. Tanpa lama berpikir, Axa mengetik sms ke Ajunk, “bro, Tita minta tolong pesenin hape yang persis lu beli minggu lalu ya, buat mama, hape doi rusak barusan” | “warna apa?” | “hitam aja” | “mau dikirim kemana? Gue kan kemarin pake alamat mako, alamat rumah aja?” | “iya, tulis aja Jalan Garuda II Gang Bambu Duri Rt. 03/07, Samping Pemancingan Haji Salim, Pasir Putih Sawangan Depok.. kalo dah oke, tolong SMS kode pembayarannya ya” | Oke.
“Gini aja ma, data-data yang sekiranya penting langsung di backup ke Google account mumpung layarnya masih sedikit bisa kebaca, besok insya Alloh hape gantinya dah sampe” ucap Axa.
Mama yang lagi nemenin ka retno dan deka langsung bingung, “emang Tita ada uangnya?” tanya mama. “InsyaAlloh ada ma”, Axa segera ngambil handuk dan bergegas mandi.
Keluar dari kamar mandi, Axa yang sempet denger curhat ka retno tentang deka langsung nimbrung. ‘iya ma, pengen pindahin deka ke sekolah alam, masa dah kelas 1 esde belom bisa baca nulis juga, kan takut. Tapi mahal banget, pendaftaran aja 8 juta, belom SPP nya” Cerita ka retno. “aduhhh, biarin aja sih kalo emang belom waktunya bisa baca tulis jangan dipaksa belajar, stress nanti no” nasehat mama. Axa yang kepikiran cerita Ka tri soal deka, langsung nimbrung. “Lagian kak, daripada mikir keras buat mindahin deka sekolah mahal-mahal, kayaknya kakak deh yang harus sekolah, maksud Tita anggarannya buat kakak ikut seminar-seminar smart parenting gitu kak, supaya kakak tau apa yang dialamin sama Deka, jangan cuma nuntut anak harus pinter, kenapa gak orang tua nya dulu instrospeksi diri, menurut Tita sih gitu kak, saran aja” ujar Axa sambil memasangkan kaos kaki polkadot putih pink ke kaki kanan kiri Axa.
Hmm, rencana beli hape pagi ini sama ayah –pun terancam (read=absolutely) batal. Tapiiiiiii.. karena Axa jarang bisa jalan berdua ayah, Axa –pun tetep berangkat ke papaya. Sesampainya di Pepaya Axa cerita sedikit kejadian yang tadi pagi terjadi di rumah.
Alhasil, siang itu Ayah tetep nemenin Axa kelilling2. Tapi bukannya beli hape Axa, kita malah ke Pasar Senen, itu loh yang pusat baju-baju second, Ayah mau nyari jaket kulit, karena jaket kulit yang Ayah pake sudah banyak terkelupas. Sampe sore, kami masih dijalan, tapi sudah arah pulang.
Dari siang ayah ngajak melipir cari makan, “haduh yah, nanti aja sekalian sore, Tita nggak mood makan”, ayah meng-iya-kan. Mungkin ayah ngerti anaknya lagi galau karena mendadak batak beli handphone, hehe.
Akhirnya jam menunjuk pukul 4 sore, kami sudah ada di daerah Cawang. Ayah kayaknya dah laper banget, ‘Makan sekarang aja ya ta, ayah laper banget nih”
Axa cuma ketawa, dan inget ayah punya Magh, daripada kambuh dan bahaya, “hayuklah sok, kita minggir ke warsun”
Sambil makan, seperti biasa kami sambil ngobrol. “iya gitu yah, finally Nadine rusak juga, asa pengen beli sepatu running oge tadinya teh, tapi uang nya teuing” | “emang Tita cari sepatunya yang kayak gimana?” | “ya kayak Nadine lagi, made in Indonesia, kuat yah, dia kan dah ikut ke Semeru dan beberapa tempat, terus buat lari juga, dah 3 tahunan, baru rusak” | “owh, emang kayak yang Jamal punya gitu gak tertarik?” | “waduhhhh moal ahh..  berat eta mah yah, gak kuat harganya, harga sepatu jamal mah setara sama harga hape hehehe.. mau sepatu asli tapi lokal aja yah” | “Tita pake ukuran 40 41 gitu?” | “40 yah, sepatu trekking Tita 40 semua ukurannya” sedikit ge-er ditanya ukuran sepatu sama bokap, heuheu.
“oiya Tita inget ka hana sama ka ines?” | “inget yah, kenapa? (dalem hati, “ya inget lahhh, calon kakak gue kan, yakali bisa lupa”) | ‘iya, mereka itu dulunya lebih gendut dari Tita lohh?” | “massaaaa sih yah?” Tanya Axa kaget. | “iya kayak reza gitu, cuma mereka diet ketat dan konsisten” | “Oyaaa?? Reza doang gitu yang failed??” | “iya soalnya Reza bandel” | “wih keren,kak ines kan kurus banget ya yah, gak nyangka dulunya pernah bigsize”
Selesai makan, Axa dan ayah melanjutkan perjalanan pulang, menembus kemacetan Jakarta di akhir pekan, luar biasa. “sebetulnya nyari sepatu sepatu gitu pusatnya di taman puring yah, mayestik, harga miring.’ | “oiyaaa, betul tuh, kenapa gak kesana aja kita” sahut ayah. | “moal ah yahh, udah sore, nanti Tita kemaleman sampe di rumah, next time aja, sementara lari pake Nadine aja dulu, sakit-sakit sedikit.” | “yehh gimana sih”
Di jalan raya kramat jati, kami singgah sebentar ke sebuah masjid Agung di pinggir jalan, ayah harus solat Ashar, karena waktu sudah menunjuk jam 5 sore. Axa menunggu di pelataran masjid.
Sepanjang perjalanan pulang. tiap lewat toko sepatu ayah nunjuk toko-toko itu, “kalo yang begitu gak minat Tha?” | “moal ah’ | “yang itu?” | “nggak mau yah, mau yang lokal, ihh”
“Beli air minum dulu yak ke alfamart. Haus banget” | “yuk”
Kami berhenti di Alfamart kukusan, gak jauh dari pintu belakang kampus UI. “Tita minum apa? Ayah mau beli big cola” | “Aqua botol 600ml aja ayah”
Setiba di Pepaya, niatnya hanya mau ngedrop ayah, lalu langsung pulang ke pasput, tapi ternyata ada yg bikin kaget, rumah kami terhalang tenda dan jajaran kursi, deg. “Innalillai wa inna ilaihi rojiun.. ada yang meninggal. Kami langsung nebak-nebak. Seingatku tadi siang Axa masih ketemu nenek Thamrin, lantas siapa yang meninggal. Anaknya??
Ternyata menantu nenek Thamrin, suaminya tante Tetty. Ayah bergegas solat magrib, lalu Axa dan ayah melayat, sebelum akhirnya Axa langsung pamit pulang ke pasput.
Minggu malem Axa melamun sebelum tidur, mikirin betapa harus bersyukurnya kami.
Thanks god.

2 comments:

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design