Monday 19 January 2015

Curhat Of September End

Di curhat kali ini gue mau ngajak kalian tukar pikiran bout ‘bijaksana’, namun dalam ruang lingkup yang lebih khusus, yaitu bijaksana pada diri sendiri. Yah, gini deh kan kita sering denger celetukan, “gimana bisa ngehargain oranglain kalau ngehargain diri sendiri aja belum bisa?” Atau “mimpin diri sendiri aja belum bener, apalagi mimpin oranglain”.
Nah, kira-kira seputar hal di atas deh, mari kita masuk gaes, diawali dengan curhat colongan;
Satu tahun ini posisi gue di kantor adalah ekspedisi arrangement.  Puji tuhan, gue selalu happy sama pekerjaan gue. Apalagi pekerjaan gue ini adalah jenis pekerjaan yang menitikberatkan kemampuan komunikasi, koordinasi, kerjasama, adil,  mengambil keputusan win win solution, pokoknya berhubungan langsung dengan beberapa pihak yang saling terkait. Jadi, jika disalah satu proses atau di salah satu orang ada yang bermasalah, akan berpengaruh terhadap flow pekerjaan, gitu kira-kira. Itu mengapa gue disini sangat belajar menghargai dan mendengarkan pendapat ataupun keluhan orang-orang around me.
But, sebelum gue belajar menghargai sesama, gue sangat perlu melatih diri gue menghargai diri sendiri dulu, diri sendiri dulu!! Itu salah satu pelajaran dari guru psikologi gue, Koko Keisavourie.
Nah, dengan tanggung jawab di kantor tsb terkadang mengharuskan gue siap untuk ditelfon tengah malem sekalipun, jika terjadi sesuatu yang bener-bener urgent dan perlu koordinasi secepatnya.
Pernah suatu malam yang dingin *pret*, saat asik tidur. Salah satu coordinator ekspedisi PT. ****** nelfon. “Mbak, saya bawa unit ke Surabaya, saya dah sampe Indramayu nih, tapi ada kendala blablabla, bagaimana nih, lanjut atau----“ Itu hanya salah satu contoh, ada banyak contoh percakapan by phone tengah malem lainnya yang sangat menggannnnnn hhhhh sudahlah.
Kira-kira begitu. Nah, gue dalam kondisi yang abu-abu belum sadar harus dengerin dengan cermat apa permasalahannya. Lalu berpikir. “Oke pak is, diam di rest area dulu, saya coba hubungin pak ***, nanti saya hubungin pak is lagi” tuttt.. telpon gue tutup. Lalu gue telpon atasan gue, diskusi sama beliau keputusan terbaik apa yang harus segera kami ambil.
Yap, tengah malam harus mikir. Hobah sekali memang. Tapi ya disitu lah tanggung jawab kita diuji. Gue  mengesampingkan idealism gue tentang menghargai diri sendiri. Idealisme??
Jadi gini, gue punya prinsip bijak sama diri sendiri dong. Kalo waktunya kerja ya kerja yang maksimal. Tapi selepas jam kerja ya harus full me time. Jangan mau diganggu sama urusan kerjaan. Kan masih ada besok. Gitu.
Tapiiiiiiiii.. ternyata gue adalah pribadi yang fleksibel. Tsahhhh..
Jadi untuk hal-hal urgent yang butuh pengecualian ya gue ikhlas ikhlas aja jam tidur gue diganggu. Tapi kalo gak urgent banget sebisa mungkin gak akan gue ambil pusing. Misalnya hal hal urgent yang disampaikan by email. Mau pake capslock juga kalo nyampein nya tengah malem via email akan gue anggap itu kurang urgent. Kalo urgent tengah malem pasti ybs akan langsung telpon right?
Jadi curcol lagi kan nih, beberapa waktu lalu gue dapet terusan email kerjaan masuk ke private mail gue. Lantas gue ndumel. Honestly, gue orangnya care banget. Efek buruknya, saat ada notif email lalu gue baca, tyt isinya penting, walaupun itu bisa diselesaikan besok, akan mengganggu pikiran gue. Jadi gak bisa bobo gitu deh. Kepikiran. *lebay*
Makanya gue heran sama beberapa orang kantor gue yang sengaja install outlook di smartphone pribadi mereka. Heuh apa banget deh mereka. Kenapa gak bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya sih.
Loyalitas, oke lah. Tapi kalau malah bikin kita gak optimal saat office hours, untuk apa gaes??
Kalo gue prefer focus maksimal saat office hours sih. Selepas itu, sebisa mungkin gue ngasih me time ke diri gue. Sebagai apresiasi atas diri gue.
Curcol, kurang loyal apa cobak, jam masuk kerja jam 8. Senin lalu, gue sudah duduk apik di meja kerja jam 05.35 pagi, advance badai. Jadi ceritanya partner kerja gue cuti  (Sabtu dan Senin), jadi gue double job selama dua hari. Nah, karena newbie, banyak hal yang gue belum ngerti pada jobdesk ini  jadi ada kerjaan yang sedikit keteteran gitu di hari Sabtu, sedangkan hari Sabtu gue ‘wajib’ cut off jam 12 siang. Jadi hari Minggu sore gue mikir, “besok gue dateng subuh juga nih biar kerjaan gue tetep rapi”
Seperti di postingan gue tentang ‘PreferAdvance than Ontime’ gue selalu menjunjung tinggi prinsip gue yang satu itu. Jadi solusi yang  sering kali gue ambil untuk banyak masalah ya balik lagi ke ‘prefer advance’, itu salah satu cara gue menghargai dan menyayangi diri gue sendiri.
Ini caraku, kalau kamu?? ;)


  

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design