Wednesday 27 August 2014

Prefer Advance Than Ontime!!

“Kapan terakhir gue kesiangan ya? Atau terlambat berangkat kemana gitu? Hmm, lupa tuh :p”
Yap, terserah deh ya kamu.. kamu.. kamu.. mau bilang gue sombong atau apa. Yang jelas memang gue adalah seorang yang sangat menjunjung tinggi waktu. Cielah Tha!!
Intinya sih gue sangat menghargai waktu. Gak seneng lah ngeliat orang yang geraknya grabak grubuk karena kesiangan bangun tidur. Lalu terlambat sampe di sekolah (ini gue bukan nyindir temen-temen gue yang sering kesiangan loh ya). Lalu nyalahin jalanan macet lah,  nyalahin jam waker lah, nyalahin nyokapnya yang gak bangunin lah. Dan bejubel alasan nista demi membuktikan pada dunia kalau dirinya tidak bersalah atas keterlambatan hadirnya itu.

Nah, gue mau cerita nih tentang usaha keras gue dari jaman gue esde, SMP, SMA, sampe gue kerja yang berkaitan sama judul postingan gue.
FYI nih guys, dari jaman batu sampe sekarang gue baru sekali loh terlambat sampe di lokasi tujuan (yang gue inget sih). Itu waktu gue masih menjadi siswa sekolah dasar. Itu juga bukan karena bangun kesiangan. Melainkan karena nyokap ngunciin pintu kamar, gue gak boleh berangkat sekolah, karena gak mau sarapan. Akhirnnya gue tiba di sekolah tepat pukul 7, deh. Selebihnya semasa SD gue selalu tiba di kelas sebelum jam setengah 7. Standar sih ya.
Meningkat lagi ke bangku SMP. Gue juga selalu tiba jam 6 pagi di sekolah. Nah saat naik ke kelas 8, gue masuk kelas siang. Teteup dong, gue paling gak mau hadir ontime. Gue mau advance. Gue selalu tiba sebelum jam 12 siang, shoat dzuhur di sekolah. Padahal kelas baru dimulai jam 13.00.
Makin hobah lagi saat gue SMK. Kelas 11 tepatnya. Kan gue masuk jam 1 siang tuh. Gue selalu tiba di gedung C sekolah jam 11. Paling telat jam setengah 12. Paling hobah lagi kalo temen-temen 09 ngajak main di kantin geddung A. Gue biasa tiba di sekolah jam 9 pagi padahal kelas dimulai jam 1 sianng!!! Jam S A T U!!!
Dahsyatnya saat menjelang Ujian Akhir kan ada pemantapan materi tuh. Siswa diharuskan tiba di sekolah pukul 06.00, dan gue selalu hadir sebelum jam setengah 6. Gelap!!
Nggak Cuma ke sekolah. Kebiasaan gue tsb terbawa sampe gue kerja. Sampe saat ini gue selalu tiba di kantor jam 6 pagi. Gue perhatikan  1 tahun 9 bulan ini, absen gue selalu jam 6:sekian, belum pernah absen di kepala 7. Padahal bel mulai kerja ya normal, jam 8.
Nggak cuma ke sekolah dan kerja. Gue selalu ingin tiba advance di event apapun. Formal maupun non formal. Entah itu janjian ke mall, sekedar hangout sama temen-temen, atau janjian apapun dengan siapapun gue memilih hadir advance. Insya Alloh kebiasaan ini akan gue pertahankan. Insya Alloh  ya.. Aamiiinnn..
Yap, bagaimana pun caranya!! Bagaimanapun!! Sekalipun gue baru tidur jam 3 pagi. Kalau gue ada janji jam 7. Ya gue harus hadir sebelum jam 7. Kecuali emang gue dah niat untuk gak hadir. Bakal pura-pura tidur sebisa gue :p hahaha..
Gue juga sangat perhitungan sama menit. Untuk hal ini bokap kayaknya hafal betul. Contohnya hari ini gue berangkat diantar bokap dari rumah jam 06:12 menit lewat jalan raya utama. Tiba di lokasi tujuan jam 07:15. Minggu berikutnya bokap coba lagi lewat jalur yang sama, cuma kita ngaret 7 menit, 06:19, kita baru tiba jam 07:40, kita boros 19 menit cuma gara-gara nunda. kenapa? karena jalan yang kita lalui tuh gak ketebak menit keberapa akan macet, kita manusia cuma bisa nebak-nebak. Makanya gak bagus deh nunda sesuatu yang kita bisa lakukan saat ini. right?
Apa sih fungsi hadir advance??
Nah ini beberapa fungsi hadir advance bagi gue. Bagi gue loh ya..
Kita bakal lebih siap menghadapi  kegiatan kita saat itu.
Misal mau sekolah. Nah hari itu ada PR.  Ternyata kita lupa belum ngerjain, atau lupa bawa buku. Kita bakal masih punya waktu kalau mau pulang ambil buku atau kalau mau ngerjain ulang nyalin PR temen. Right?
Kalau ditempat kerja. Gue terbiasa hadir advance. Keuntungannya, gue bisa  prepare apa-apa saja yang gue butuhkan saat jam kerja nanti. Suasana kantor masih sepi, masih sangat leluasa dan kondusif untuk nyiapin perlengkapan kerja, tanpa gangguan. Gue awali dengan nyalain computer, setel lagu-lagu pembangkit semangat, lalu evaluasi hasil kerja gue kemarin. Enak lah pokoknya. Begitu jam 8, bel masuk bunyi. Temen-temen kita lagi grabak grubuk nyiapin perlengkapan kerja, gue nggak. Temen-temen lagi sibuk memaki waktu, memaki kondisi lalu lintas, gue nggak.
Karena, sebisa mungkin gue tidak menyalahkan apapun dan siapapun atas apa yang terjadi pada diri gue, kecuali diri gue sendiri. Tsahhhh…
Awalnya gue mau bagi tips gimana supaya bisa hadir advance, ya minimal ontime lah. But, dipikir-pikir gak perlu lah ya. Karena tips nya cuma satu, that’s NAWAITU!! Alias NIAT!!
Jangan datang atau hadir terlambat!! Jangan!! Karena seganteng dan secantik serta seseksi apapun karakter  kalian, kalau hobbi terlambat, ahh pesona kalian sangat NOL, karena berarti kalian orang dengan kepribadian LAMBAT, LELET, PEMALAS.
Nah, sekian sharing posting kali ini. Mohon maaf. Dan mari sebarkan hal-hal posotif.

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design