Monday 17 August 2015

Rindu yang terucap, tak lantas terobati

Axa sedang berspekulasi dengan takdir. Dengan atau tanpa persiapan. Eitts, bukankan hidup kita memang harus tetap berjalan? Maksudku akan tetap berputar, dengan atau tanpa persiapan.
Mengertilah bahwa rindu bukan tentang waktu, bukan tentang seberapa lama kalian tak saling jumpa. Tapi rindu adalah tentang siapa dan mengapa.
Bicara rindu, banyak banget yang sedang Axa rindukan, lagi-lagi bukan tentang berapa lama gak jumpa, tapi siapa dan mengapa. (Who) Abang-abang Axa dan (Why) kita merasa saling kehilangan namun sebelum ini kami lebih sering bungkam satu sama lain. Kebiasaan buruk menumpuk masalah, kali ini rindu lah yang menumpuk.
Sore kemarin, Axa memberanikan diri protes ke abang tentang kegundahan kami (axa dan Ajunk). Entah, 3 tahun pisah rumah sama keluarga gak bikin Axa berubah, tetap saja cengeng, kata abang.
“Abang sekarang susah dihubungin, Ajunk juga sebel sama kondisi kita bertiga saat ini , tapi kita gak bisa apa-apa” Axa mencoba membuka percakapan saat kami melaju di atas motor dari alternatif cibubur menuju depok. Sengaja di motor, supaya abang gak langsung menyaksikan wajah senduku, gak menyaksikan tetesan air mata rinduku buatnya.
“Abang lebih sering seneng-seneng sama keluarga ka Nia, terus kita dibiarin susah ngehubungin abang, dan keombang-ambing nyari kebahagian masing-masing. Ada apaan sih di rumah Ka Nia sampe abang lupa ada adik-adik abang yang masih perlu abang didik”
“Abang jelasin, soal itu, abang gak pernah sengaja supaya sulit dihubungin, kita tumbuh besar bareng-bareng Tha, wajar kalo kita bertiga sekarang spt ini, abang gak ngalamin ngerawat Ajunk, Ajunk juga gak ngalamin ngerawat Tha, soalnya jarak usia kita beda sedikit doang, kita tumbuh bareng, dirawat mama bareng, dan sekarang kita udah punya hidup masing-masing meskipun belum sepenuhnya, kita punya kesibukan masing-masing”
Axa udah gak bisa nimpalin penjelasan abang sama sekali. Air mata terjun bebas ke pipi, dan dengan cepat mengering terkena kibasan angin jalanan sore kemarin.
“Di rumah ka Nia abang nyari suasana keluarga pada umumnya yang udah sulit kita dapet, you know lah maksudnya, ayah nya Nia abang anggap bapak sendiri karena sikap dia ke abang yang anggap anak juga, di nasehatin ini itu. –pun  ibu nya  ka Nia yang seperti ibu sendiri. Om tante nya, adik-adiknya. Tau rasanya di pepaya kyk apa kan? Abang cuma ngebunuh rasa sepi aja. Mungkin bener kata Ajunk, ayah sudah hilang taring untuk posisinya sebagai ayah, mama juga gak bisa tiap saat ada buat kita karena tuntutan  kan”
“Then, setiap Tha atau Ajunk butuh sandaran, kita harus apa bang? Sedangkan Tha dan Ajunk mengamini banget kalo yang pegang kendali atas kami yaa tinggal abang. Bukan lagi ayah atau mama. Semua hal yang berkaitan sama masa depan, Tha & Ajunk kan selalu izin ke abang. Bukan ke ayah mama lagi. Tapi sekarang kita ngerasa gak punya sandaran. Ajunk sama Tha gak seberuntung abang yang punya ‘keluarga kedua’ keluarganya ka Nia, karena kita berprinsip buat apa hubungan sama orang lain baik entah sahabat kah, atau pacar kah, atau apapun itu, sedangkan  sama kakak adik sendiri not good. Buat apa. September Ajunk dah wisuda bang, sekarang dia lagi galau-galaunya sama jalan hidup, Tha gak mau Ajunk jadi orang yang standar standar aja kyk kita. Ajunk satu-satunya anak mama ayah yang harus jadi orang. Tha sampe janji sama diri Tha sendiri, bakal ngelakuin apapun buat Ajunk. Tapi sekarang Ajunk butuhnya abang. Sebanyak-banyaknya temen, atau keluarga. Kalo keluarga intinya rusak gini, tetep berasa hampa bang. Abang tau kan minggu lalu kita ke rumah tente Evie, ketemu Tasha, buya, dll”
“Tha jangan mikir jauh, oke kita perbaikin aja dulu kita bertiga, yang penting inget kita tetap punya kewajiban berbakti sama keluarga. Tetep jadi anak yang baik buat ayah, jadi anak yang baik buat mamah”
Sebelum Axa kebablasan baper di motor. Obrolan –pun kami cut disitu. Kami masing-masing berpikir apa yang harus kami lakukan setelah ini. Sedikit-sedikit memperbaiki apa-apa yang rusak sebelum semakin parah.
Dibilang caper ya emang caper. Karena banyak hal-hal yang sedikit berubah. Ha kecil namun nempel banget di kepala. Mungkin 2 atau 3 tahun lalu Axa masih ngalamin ‘gangguan rutin’ dari orang-orang rumah, semacam perhatian yang berbentuk larangan. Yang sekarang udah nggak di kontrol lagi, yang sekarang udah menjadi kebebasan.
Mungkin 2 atau 3 tahun lalu masih ada omelan gak jelas ayah kalo anak-anaknya nonton TV, mungkin beliau khawatir sama tayangan di TV yang gak bisa di sortir, ujung-ujungnya bener-bener dikiloin tuh TV. Sekarang? Bebas, mau nonton tayangan apapun, terserah.
Atau mungkin 2 atau 3 tahun lalu masih ada suara ayah yang ngomel kalo anaknya minum berdiri, “bisa duduk gak sih minumnya kaya kuda aja”. Hehehe lucu kalo di inget-inget. Sekarang bebas, mau minum berdiri kek, tiduran kek, jongkok, kayang, salto, sikap lilin kek, terserah.
Atau juga suara ayah yang ngomel pas ngeliat anaknya makan melibatkan tangan kiri, “makan pake tangan kanan aja bisa kan?” | “kan tangan kanan Tha buat megang sendok yah, yang kiri bantu megang kerupuk” | “kerupuknya taro aja di piring”. Hahaha sekarang bebassss... Axa mau makan pake tangan kanan kiri pake kaki juga gak ada yang kontrol, terserah.
Juga, dulu selalu ada suara mama yang negor kalo Axa duduk membungkuk. Misalnya kalo lagi belajar atau lagi nonton TV, atau lagi makan di lantai. “Duduknya jangan bungkuk dong, yang tegak. Nanti bungkuk beneran loh, nanti tulang belakangnya sakit loh”. Hehehe sekarang bebas Axa mau duduk tegak bungkuk nyender kek, terserah. Atau “kalo naik motor harus pake jaket!!” sekarang bebas, terserah.
Juga ada abang yang ngomel kalo adek-adeknya gak belajar menjelang ujian. Ada Ajunk yang ngegerutu kalo adeknya pulang dianter sama beda-beda orang.
Banyak kerinduan-kerinduan kecil yang tertumpuk, yang jika melintas akan menguras fantasi Axa balik ke masa-masa itu. Masa dimana Axa ngeyel ngeyelnya jadi anak, ngeyel-ngeyelnya jadi adik.
Ada cici Odel alias ka Tri, teman berantem dari bayi haha, temen hidup dari kecil, tumbuh bareng meskipun gak tinggal satu rumah. Main tanah, pasir, ke empang, mndi hujan, pokoknya kotor-kotoran bareng, ngelakuin buanyak hal bodoh bareng. Lompat pager rumah embah tengah malem supaya gak ketahuan bude Miranti, mainin telfon koin tiap malem minggu, jalan kaki muterin depok tanpa tujuan jelas, haha miss you so bad.
Gak Cuma di rumah, di sekolah –pun ada kakak pelatih yang sudah Axa anggap kakak sendiri. Yang sering ayah tanyain kalo orang ini jarang nginep di pepaya. Yaps, ka Agus. Omelan-omelan gak jelas yang karena dimakan usia, sekarang dah jadi sekedar kakak senior aja. Lucu kalo inget ngeyelnya Axa  tiap dibilangin ka Agus. Apalagi kalo Axa dah bete tiap berantem sama Radit. Ka Agus yang berusaha jadi penengah supaya Axa adem lagi. Jadi kangen jaman berantem sama Radit tiap beda pendapat. Axa ketua paskib sekolah dan Radit wakilnya, wajar sih sering ada selisih pendapat yang berujung main salah-salah semodel “Lo tuh batu ya tah, pokoknya harus begini!” | “elo tuh yang batu” *gak selesai selesai main batu batu an* hahaha kocak.
Atau inget Ucul, Dina, Khansa, yang hafal tiap kali makan bakso sama Axa bakal bisik-bisik ke yang laen, “eh, botol cuka nya umpetin tuh, nanti Tita khilaf loh, tau kann” hehehe
Axa kangen semua!!!! Hw bout Bepe? Yaps, Axa tentu rindu badai. Titik.
***
Pagi tadi saat Axa bangun tidur, gak seperti biasanya. Abang udah duluan bangun dan beres-beres rumah. Lalu lanjut membuatkan kami sarapan.
Axa yang baru bangun tidur mengalungkan handuk di leher malah gangguin abang yang sedang asik bikin masakan. “Cobain ah!” Ucap Axa sambil nyomotin sosis  di penggorengan.
“Kurang garem kayaknya sih” abang ikut mengomentari masakannya sendiri.
“Loh, nggak ah, enak kok, pas. Karena masih panas  aja jadi agak hambar” Komentarku sambil masuk kamar mandi.
Hmm, enak juga masakan abang. Axa pikir Ajunk doang yang pinter masak. Yang jelas, pria yang jago masak itu sama romantis dan sexy nya dengan pria-pria yang hobi baca novel, hehe. Masak kan butuh feeling so good, kurang romantis apa abang-abang gue, hehe salut!!
Usai mandi dan hendak sarapan, handphone Axa berdering, panggilan masuk dari mama.
“Halo, udah makan? Kucing udah dikasih makan juga?” | “Kucing makan sarden ma, baru aja” | “Kalian makan apa?” | “Nih lagi sarapan” | “Hmm, masa? Padahal mama dah masak lauk nih, gak mau makan nasi disini?” | “Nanti malem aja deh ma, ini abang bikin sarapan enak kok” | “Jamal dah bangun?” | “udah, nih lagi pada sarapan, habis itu mau pada pergi” | “Mau pada kemana?” | “Abang mau ke puncak, biasa... sama ka Nia, Ajunk ke mako, Tha ke UI mau nemenin Alin minum jus, terus nengokin adik-adik ke sekolah, harusnya sih lanjut ke cilodong acara PPI, tapi males.” | “Megang uang gak buat ongkos?” | “Nggak sih, tapi kan ada abang, buat jajan doang kok” | “Yaudah, nanti malem mama ke pepaya”
Kami –pun melanjutkan sarapan. Ada yang aneh dengan komposisi di keluarga ini, mungkin. Tapi bunda Fidarasha sering kali bilang, “jangan ngerasa jadi orang paling ruwet hidupnya, buanyakkkk banget yang lebih ruwet dari hidup kita. Harusnya saat kita sadar hidup kita bermasalah, disitu kita harus berpikir untuk jadi lebih kuat berkali lipat dibanding orang lain pada umumnya, jangan malah melemah.”
Woalaaa... kangen sama PPI 2010, mau dateng acara kumulus ke cilodong tapi gak ada motor, kalo ngecer boros di ongkos, besok kan sudah pengibaran bendera :’(
Sudahlah, cuma bisa ngedoain semoga adik-adik Paskibraka Depok 2015 lancar pengibaran dan penurunan, juga adik-adik paskibra 2015 GDS, semoga lancar pengibarannya.
Ngebahas soal kangen, jadi kangen Bepe. Tumpukan rindu yang tak terhingga, terucap namun tak lantas terobati. Bepe janji untuk ketemu akhir tahun ini. Gilaaaa... jarak tempat tinggal kita gak jauh, tapi harus nunggu berbulan-bulan untuk ketemu sharing doang. Nyatanya bertemu sama orang spesial bagi kita memang butuh keberanian, butuh persiapan. Terakhir  ketemu Bepe Oktober 2014, Axa yakin dia baca postingan Axa kali ini, miss you epe!! Gakpapa meskipun semua orang bilang elo ‘berubah’, lo tetep Bepe-nya gue kok!! Kita semua hanya sedang berproses.
Bukankah kita sepakat, orang yang bener-bener sayang sama kita, gak akan membiarkan kita ada di posisi nyaman. Mereka yang bener-bener sayang sama kita akan memaksa kita untuk growing up, dengan cara kita sendiri, namun mereka gak akan bener-bener ngelepas pandangan mereka untuk kita. Mereka tetep ngejaga kita meski dari jauh. Bahu mereka akan selalu siap untuk kita bersandar. Telinga mereka selalu siap mendengarkan keluh kesah kita. Mata mereka selalu mengisyaratkan kita untuk lekas bangkit.
Semoga Alloh senantiasa menganugerahkan jalan hidup yang luar biasa untuk kalian, kesayangan Axa. Aamiin..

Usai dulu jurnal kali ini, Axa nunggu banget cerita nanjak mas Tom dan kawan-kawan yang dari Sabtu lalu lagi journey ke Mt.Ceremai nihhh... Sedih gak bisa ikut, tapi semoga bisa denger ceritanya juga dah lumayan seneng.. don’t cry xaaaaaa :D
Malam, kesayangan :)

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design