Tuesday 21 March 2017

Uang Elektronik


Hmm, jaman makin modern yah. Meskipun tetap aja kalo dibandingkan dengan negara-negara tetangga, Negara kita sih sudah jauh tertinggal. Tapi bukannya bagus? Daripada tidak berkembang sama sekali.
Kayaknya postingan kali ini sedikit berisi, karena akan Axa buka dengan topik tentang kemajuan bangsa, hehe. Kalo dibelakangnya terselip bahkan masuk sesi diary, ya memang ini e-diary toh. Lets go to the topic;
Salah satu contoh berkembangnya bangsa ini apa? Selain Transportasi Ibu Kota yang terus dibenahi pelayanannya (semenjak dialih kepemilikan swasta). Juga semakin mudahnya mengakses informasi, terlihat dengan semakin maraknya pengguna smartphone di Indonesia. 10 tahun lalu, ponsel masih menjadi barang tersier. Yang punya ponsel ya kalangan menengah ke atas. Sekarang? Lihat sendiri. Ponsel jadi barang sekunder bahkan primer. Semua orang (kayaknya) harus punya demi mempermudah hidup (nggak lebay kan?).
Kamu bisa komunikasi dan transaksi tanpa ribet surat menyurat seperti jaman baheula. Tinggal buka ponsel. Selama internet lancar dan quota tersedia, beres sebagian masalah. Selain kemudahan mengakses informasi, ada apa lagi contohnya?
Yup, uang elektronik. Hampir semua Bank saat ini menyediakan uang versi elektronik. Misal Bank Mandiri punya E-Money, BCA punya Flazz, BRI punya Brizzi, BNI dll. Pokoknya hampir semua Bank punya uang elektronik. Uang elektronik ini tidak hanya diperuntukan bagi para nasabah, non nasabah pun bisa membeli dengan harga murah si kartu tempat menyimpan uang elektronik kita. Buat para nasabah bank yang memang punya saldo di rekening tabungan bisa isi kartu uang elektronik mereka langsung via ATM. Dan yang non nasabah bisa isi saldo cash via loket busway atau teller (ribet sih, lebih enak ya kalo sudah nasabah bank tersebut).
Fungsinya uang elektronik ini buat apa aja sih? Kalo Axa pribadi si kartu elektronik ini punya fungsi utama buat naik transportasi umum like KRL Commuterline dan Busway. Secara Axa dan Ajunk termasuk pengguna angkutan umum. Karena pertimbangan lebih murah dan cepat, hmm juga relatif  lebih aman. Nggak hanya untuk naik transportasi tsb, si uang elektronik ini bisa dipakai untuk bayar jajanan alias belanja di merchant-merchant tertentu yang bekerja sama. Misalnya Chattime/Alfamart/Alfamidi/Lawson/DanDan/Indomaret/7Eleven dan banyak lagi deh. Jadi untuk belanja dengan nominal kecil, si uang elektronik ini ngebantu banget biar dompet gak penuh sesak sama recehan. Kecuali untuk naik angkot yah, belum bisa. Oiya uang elektronik ini juga bisa buat bayar toll.
So, Axa pribadi saat ini cukup ketergantungan sama si uang elektronik. Misal kalo habis saldo aja, mau gak mau harus beli karcis THB untuk naik kereta, harus bayar deposit dulu 10rb (meskipun nanti dikembalikan di stasiun tujuan, tapi kan tetep aja artinya harus pegang uang lebih toh. Ongkos Depok – Bekasi yang hanya 4rb, tetep aja harus megang atleast 14 ribu karena si deposit itu tadi.
Nah, saking ketergantungannya. Memasuki tanggal menjelang tua ini, saldo flazz yang menipis bahkan habis, bikin Axa pusyeang. Transferan gaji masih beberapa hari lagi, saldo flazz sudah ludes. Gitu deh siklus pegawai, gajian – bayar ini itu – habis. Boro-boro nabung, eh tapi beberapa bulan ini nabung sih Alhamdulillah.
Di cekak cekaknya dompet, yang bikin mikir untuk beli makan siang. Secercah sinar dari langit datang. Axa selama ini hanya pake satu uang elektronik, milik BCA yaitu Flazz. Kalo Ajunk pengguna E-Money milik bank Mandiri [gak penting untuk diceritakan].
Pagi tadi, Axa baru ngeh ongkos cash tersedia di dompet hanya  14rb rupiah. Wtf, karena saldo flazz habis, terpaksa beli THB rute ke cilebut 3rb rupiah + deposit 10rb, jadi 13rb. Sisa serebu perak.
Dikemumetan yang luar biasa, “hmm, artinya ini THB beneran harus dibalikin buat naik angkot dari Cilebut ke kantor. Setiba di stasiun cilebut, gue langsung mengembalikan THB untuk ngambil 10rb si deposit. Tiba-tiba terngiang sebuah kartu uang yang diberikan teman Axa beberapa Minggu lalu. Axa buru-buru buka dompet. Ahh ini ada E-Money dari si anu, ada saldonya gak sih. Kan mayan kalo ada goceng-goceng aja mah buat naik kereta nanti pas pulang. Axa bergegas menghampiri mesin cek saldo warna merah yang tersedia di setiap stasiun, biasa buat ngecek uang elektronik salah satunya produknya PT KRL namanya KMT.
Betapa tercengangnya Axa begitu ngeliat isi saldo E-Money milik teman Axa itu. Whattt? Meuni loba!! Ini mah jangankan buat naik kereta pulang, buat naik kereta PP selama 4 bulan oge cukup!! Axa langsung kepikiran, kayaknya temen Axa salah ngasih kartu uang deh. “Bro, ini saldo lu banyak amat, lu gak salah ngisiin?” dengan cepat Axa ngebuka chat room dan nanya ke temen yang ngasih Axa kartu uang ini. “ya pake aja, gue gak pernah naik angkutan umum kayak lo ceu” balas dia.
“ya tapi kan ini bisa lu pake ngetoll, kan tiap hari lu ngetoll bukan?” [maaf penggunaan bahasa yang tidak sesuai, tapi kurang lebih artinya ‘lewat toll’]. “gue aya e-money hiji deui. Itu buat lu pake aja.”
“ya tapi.. gua kerja tinggal sebulan lagi, ini saldo bakal nyisa banyak. Gue balikin aja bulan depan yak” | “terserah lu, atur aja. Lagian kalo nggak kepake buat kereta kan bisa buat lu keliling seharian pake Busway sampe gumoh, atau jajan ke lawson kek, chattime kek, ribet lu” | “Hmm, oke deh. Thanks anyway ya. Gue otw kantor dulu.”
Hmm, entah rejeki. Ya rejeki sih namanya, dititipin sama Tuhan lewat temen gue. Thanks ya bro, paling tidak sebulan kedepan gue gak perlu isi kartu uang buat naik kereta. Semoga Axa dikasih umur buat ngebales kebaikan lu, hehe. Karena kebaikan tidak bisa dilihat dari seberapa besar/kecilnya bantuan yang ditawarkan/diberikan. Dan yang bikin berasa tuh karena bala bantuan ini datang saat lagi kepepet-kepepetnya begini nih. Lumayan kan bisa beli popmie atau roti di Alfa. Haha~
=Teman=

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design