Monday 3 April 2017

Menuju Indonesia Bertaraf Internasional


Melanjutkan postingan gue tentang review uang elektronik. Postingan kali ini pun masih berkaitan banget sama era digitalisasi, kemajuan teknologi, gitu-gitu deh. Mengingat di beberapa pekan terakhir ini lagi ramai berita tentang perselisihan antara organisasi besar yakni angkutan umum daerah dan transportasi berbasis online.
Btw, kenapa jadi posting serius-serius gini sih xa? Bukannya tema blogmu ini galau? Wqwqwq. Enaqqqqq ajahh!! *selepetin satu-satu yang ngemail begituh*. Eh tapi karena kebetulan Axa ini sudah melewati masa-masa galau mungkin yah. Hehe ntap. Lagipula kan pelawak aja belum tentu selalu posting yang lucu-lucu, apalagi gue makhluk alay bin random, bebas hayang posting naonweh! Selama bisa dipertanggung jawabkan, raitttt??? :p

Kebetulan pula lagi sorangan di rumah. Terbersitlah bikin opini hasil pengalaman hari ini. Maaf intro nya terlalu panjang curhat. Tapi ide utama postingan ini tentang transportasi online koq temen-temen, suwer. hehe
Jadi tuh ya pagi tadi Axa ada kelas Psikologi di Bekasi, seperti sebelumnya. Berdasarkan pengalaman pekan lalu,  Axa naik commuter line alias kereta, hanya bedanya Minggu lalu naik kereta bayarnya tiket THB, karena belum isi saldo e-money (hingga akhirnya tidak perlu isi, cek postingan sebelumnya Disini). Dan sekarang saldonya penuh luber sampe tumpeh tumpeh, wkwk. Pekan lalu, setiba di stasiun Kranji, Axa lanjut naik ojek online sampe ke lokasi belajar di daerah Harapan Indah.
Nah melalui tulisan ini Axa sekaligus menyampaikan apresiasi untuk manajemen transportasi online. Karena aku bisa disebut user, yang cukup ketergantungan sama mereka. Secara, nyokap agak worry kalo anak perempuannya bawa motor jauh-jauh. Nyokap gue juga user ojek online garis keras, ceunah.  Sejauh ini kami menilai keberadaan transportasi online ini sangat membantu, pelayanannya pun relatif bagus banget. Apalagi kalo dilihat berdasarkan fare/tarif ongkosnya, jauhhhh lebih murah ketimbang yang konvensional.
Nah pengalaman menyenangkan gue Sabtu lalu saat ke mondar-mandir moving pake ojek online. Begini; setiba gue di stasiun Kranji gue langsung order grab. Kebetulan gue install 3 aplikasi di smartphone; Gojek, Uber, dan Grab. Tapi karena nyokap gue itu user Grabbike garis keras, menularlah ke gue. Kemarin-kemarin Si Aplikasi Gojek dan Uber di hape gue bisa dibilang mubazir. Daaann akhirnya entah kenapa Si Aplikasi Grab gue error Sabtu pagi tadi. Gue panik karena jam sudah menunjuk pukul 8.50, 10 menit lagi seharusnya kelas sudah dimulai. Itu aplikasi grab masih error, teuing lah ya, bikin pusyeang aja. Akhirnya micro muscle gue menggerakan jemari ini untuk buka aplikasi Gojek. Yip yip.. dapet driver langsung!! Gak sampe 5 detik. Dari Stasiun Kranji ke lokasi Harapan Indah boulevard lumayan jauh. Meskipun jalanan lancar, sekitar 15 menit waktu tempuh.
Nah, yang bikin gue seneng sama perjalanan via Gojek Sabtu lalu adalah. Begitu dapet driver kan selalu tuh ya Si driver nelfon (kecuali driver kehabisan pulsa). Driver gue info untuk nunggu depan warung pempek geby, depan pintu keluar stasiun, biar gampang dicari. Gue segera meng-iya kan. Karena Gojek sekarang sudah gak muncul nomor polisi kendaraan yah, jadi Driver gue ditelfon sudah info merk motor dan nomor polisi alias plat doi. Gak sampe 3 menit, abang driver sudah tiba.
Begitu gue pakai helm hijau tsb, kami langsung meluncur. Driver gue memulai percakapan. “Mbak, kenapa cash? Gak pakai Gopay aja? Barusan dinotif sama adminnya, potongan 50% loh mbak kalo bayar pakai Gopay”. Gitu kata bang driver. Gue bergumam, ya ampun ini dari kranji ke lokasi 14rebu aja udah murah dibanding ojek konvensional yang (berdasarkan research temen) pasang tarif 35rb dari kranji ke modern market harapan indah. Malah bisa sampe 40rebu. Yakali gue gila diskon banget. Gue menimpali dengan tetap antusias. “Wah iya bang, kebetulan belum topup saldo Gopay, maklum baru gajian minggu besok haha”. Bang driver lanjut lagi, “saya dah jarang terima cash mbak, kan lumayan tuh mbak hemat banget kalo pake gopay, cuma kena tarif tujuh ribu loh mba” | “iya bang, next saya stock saldo GoPay aja. Soalnya belakangan ini lagi gak berani naik online oge. Di tempat saya mah lagi rusuh da” | “owh, mbaknya dari Bogor ya? Di bekasi mah aman mbak alhamdulillah” | “iya bang saya dari Bogor. Owh gitu, syukur deh.” Blablabla.... abang driver ini sudah paham jalan. Jadi begitu ketemu, dia hanya konfirmasi lokasi tujuan, dan meluncur tanpa kebingungan tentang maps. Sangat kooperatif, excelent service, mantab djiwa!! *lebye mode on*
Padahal gue belum pernah isi Gopay. Karena selama ini gue pake  Grab. *ditoyor*
Baru kali ini pake Gojek (lagi). Dan taraaaaa gue seneng sama service Gojek ditambah dapet driver yang sangat bikin salut. Tapi mindset gue tetep, “ah, ini mah satu dua driver aja yang begini, yang rese mah tetep ada aja. Hehe” karena sesekali dikecewakan sama driver yang nggak paham jalan, nurunin penumpang ditempat yang tidak semestinya, dll. Ada yang begitu, meskipun nggak semua. Sama halnya kayak driver dengan pelayanan bagus tadi, nggak semua driver begitu juga toh. Tapi ya gitu, gue tetap suka benget sama manajemen transportasi online. Salutttttt sama pemuda pemudi owner Grab, Gojek, Uber, dll. Mereka menyiapkan konsep dengan cepat, tapi sangat matang. Temen-temen bisa browsing profil para owner transportasi online ini. Pria-pria muda, dengan pemikiran maju banget. Meskipun Indonesia sudah tertinggal jauh pada aspek teknologi. Di luar sana mungkin sudah sejak lama semua-mua berbasis online begini. Makanya gue salut sama mereka, perlahan tapi pasti ngebawa Indonesia ke taraf Internasional. (lebay mode on deui).
Btw gue tidak bermaksud menyudutkan transportasi konvensional. Gue nggak bilang angkot itu nggak bagus. Secara dua-duanya tetap sama pentingnya. At least bagi gue. Karena gue pro banget sama program pemerintah untuk menggunakan angkutan umum. Pokoknya program pemerintah yang bagus, harus kita dukung ya guys (Insyaa Alloh). #Hidup #TransportasiUmum #Hidup #NKRI
Nah, dari pengalaman bayar cash minggu lalu. Sabtu ini gue memanfaatkan kemajuan teknologi, dengan membawa sedikit uang cash, hanya untuk jajan-jajan di warung yang memang masih konvensional. Mulai dari naik kereta, gue gunakan e-money, dan tadi setiba di Kranji gue naik Gojek dan bayar pake Gopay. Bayangkannnnn gue hanya kena tarif 7rebu perak dari stasiun Kranji ke Harapan Indah boulevard!! (yaaa karena sudah murah dan dapet diskon dari Gojek, jangan pelit-pelit lah kasih uang tip ke driver ya guys)
Dan pulangnya gue coba rute agak jauh, ke stasiun Cakung. Dan samaaa cuma kena 7rebu perak. Tapi karena jauh dan macet, (disarankan) tip nya gedein lagi guys, kalo punya rejeki lebih. Supaya driver-driver online ini senantiasa memberikan excelent service ke seluruh pelanggan. Toh tarif online ini sudah muuuraaahhh bingitttt. Nggak bisa dipungkiri lah ya, dikasih lebihan sama penumpang (meskipun mungkin mereka tidak mengharapkan) tapi insyaa Alloh berkah buat semua. #tssahhh
Gue jadi inget bulan lalu ikut jalan jalan sama anak Sumeng, pake GoCar. Teman kami ini pake saldo Gopay nya. Kami pesan 3 mobil karena jumlah kami 21 orang. dari Kebayoran ke Pelabuhan Muara Angke cuma 60rebuuuu/mobil cuy!! Kite patungan ceban ceban hungkul.  Bayangkan kalo naik taksi konvensional yang tarifnya 2x lipat bahkan lebih. Mana gitu cuma muat 4 orang, hehe.
Rasanya hidup jadi makin irit berkat kemajuan teknologi yah. Misalnya apa lagi dampak kemajuan teknologi? Yaaa... jaringan 4G yang sudah setahun ini menyentuh Indonesia, meski belum rata (termasuk gue yang masih pake hape 3G). Tarif si 4G ini jauh lebih murah. Emang sih Indonesia ini tarif Internetnya termasuk yang mahal, dibanding di Korea (CMIWW). Dan speed nya juga ketinggalan jauh. Tapi insyaa Alloh sedikit demi sedikit Indonesia makin dipenuhi sama orang-orang berpikiran maju aamiin. Semoga pikiran gue juga maju, jangan begini begini ajah, hihi.
Misal si owner-owner transportasi online ini. Denger-denger mereka lulusan universitas yang sama kan? Harvard kalo gak salah (males browsing karena internet di Citayem kacrut). Banyak haters nyinyir said, “kuliah pada ke luar, emang di Indonesia pendidikan jelek gituh???”. Dibilang tidak cinta tanah air dan blablabla. Guys, kenyataannya pendidikan disini belum maksimal, so nggak salah mereka milih menuntut ilmu di luar. Toh begitu dapet ilmu, mereka implementasi di negara sendiri toh. Walaupun habis-habisan babak belur didemo sama yang masih konvensional. Namanya juga proses, pasti ada gesekan sana sini. Dan mereka sadar itu, makanya berani fight. And, hope u r keep on fighting melawan pemikiran batu untuk Indonesia yang terus maju. Semoga ini tanda bangkitnya bangsa. Aamiin. *backsound Untuk Indonesia – GAC*
Sekian review singkat (?) gue. Gue selaku tim angkutan umum garis keras mengajak teman-teman untuk menggunakan kendaraan pribadi seperlunya saja, dan mengoptimalkan angkutan umum. Agar menjadi pemicu ide-ide inovatif dari para pelaku bisnis transportasi umum dan terutama demi bumi tersayang. #BeWise #SaveEarth #NKRI #SayangKamu #Ups #SalahCaption

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design