Friday 3 July 2015

Pagi Akan Datang Menyeka Letihnya Malam

Axa sangat berterima kasih sama tuhan, diperkenalkan sama media penyalur emosi yang disebut ‘Menulis Diary’, dan berterima kasih pada guru komputer Axa (Pak Alfian) yang pertama kali mengenalkan Axa media blog, yang kata beliau kala itu salah satu fungsi umum nya adalah untuk ‘Menuli s Diary’. Kata beliau, kamu boleh dengan bebas mengekspresikan dirimu disana dengan catatan tidak mengganggu kebebasan orang lain, tidak merugikan orang lain (seperti mencemarkan nama baik dengan menghujat, or whatever), karena sekalipun Diarymu sepi yang mampir, bahkan ada satu blog yang sengaja kamu bikin tanpa followers, tanpa pengunjung, tetap gak nutup kemungkinan orang  yang gak sengaja, baca tulisanmu. Seperti Axa yang iseng browsing dan nemu diary ‘seorang pria gay’, dia pake nama pena sampe Axa gak nyangka, dia orang yang deket sama Axa, kaget. Yaps, gak penting, sih gay atau straight, itu hak asasi. Sama kayak Axa yang lebih lega cerita lewat tulisan ketimbang cerita ke makhluk hidup. Karena makhluk hidup kadang berkomentar atas kejadian yang menimpamu hanya berdasarkan sudut pandang egonya.  Sedangkan kertas adalah makhluk mati yang pasrah mau ditulis apapun diatasnya. Dear  diary’s blogger , gak usah peduli orang bilang kita caper, silakan ekspresikan emosi mu disini, supaya usai menulis emosi negatif mu hilang, dan kita bisa bersembunyi di balik senyum lagi di dunia nyata. Pesan mas Brili  “selama gak merugikan, menulislah dan jadilah abadi karenanya”
Se-stress apapun kata mama, anak-anaknya harus berusaha melawan hasrat buat tidak mencari pelarian ke hal negatif. Pokoknya apapun yang justru bikin kerusakan baru. “kamu dianugerahkan jari yang lengkap, saat bahagia, senang, sedih, kamu bisa ekspresikan lewat tulisan, beruntungnya gak semua orang suka membaca, jadi yang tahu kondisi hati mu hanya orang-orang yang mau baca dan cukup kemampuan untuk menerka.” My mom said.
 “Morning mom”  pesan singkat tsb terkirim pukul 6 pagi tadi dari handphone ku untuk mama tercinta, tak lupa kuselipkan emot kedipan mata untuk menggambarkan kondisi hati yang penuh gairah pagi tadi, meskipun ngantuk.
Morning juga” mama ngebales greeting Axa pagi tadi singkat. Mungkin lagi kurang mood, atau lagi sibuk sama kerjaan. Makanya Axa gak lanjutin percakapan apapun. Just greeting.
Kerjaan di post out selalu senggang, ngasih Axa banya waktu luang. Bikin makin galau ajeh. Bunda Fidarasha ngasih saran bikin tulisan untuk mengurangi suntuk, yaps tulisan liputan kegiatan PDC Cibinong. Bunda yang lagi di Cibinong ngirim beberapa foto kegiatan sharing disana untuk Axa rangkai jadi tulisan. Ah, tapi siang tadi kondisi hati gak cukup kondusif buat nulis. Axa –pun milih ikut abang-abang main ke zone B sebentar, ngilangin jenuh di post out yang sepi banget.
Sesuai rencana kemarin, sore ini kami buka puasa bareng (Pa hafidz dan istrinya juga Viola bayi mungilnya, mba Dinda dan yayangnya alias om Wahyu, kang Herman, Mang Giman, Bang Olik, Julian, dan Axa). Asikkk ngeliwet!! Ditambah ayam bakar bawaan om wahyu, sambel goang buatan pa hafidz. Lengkap!! :p
Habis buka, lanjut ngobrol santai sampe bablas jam 10 malem, huhu :p
Handphone lowbat dari sore, tapi Axa males  ngecharge. Makanya sebelum hape mati, gak boleh lupa greet  orang-orang tersayang nomer satu, lalu lempar chat juga untuk orang yang ada dipikiran Axa.
Good night” greeting tsb terkirim ke mama, Ajunk, dan abang. Gak lama habis say good night ke mereka, handphone dah mati dari jam 7, sampe gak sadar bablas ngobrol di teras mba Dinda sampe jam 10. Biasanya jam segitu dah tidur, hehe.
Sampe di kamar, langsung charge hape, lalu tidur. 1 jam yang lalu alias jam 1 malem terbangun, ngecek hape, lalu gak bisa tidur lagi. Ada notif pesan urgent dari Ajunk. Axa nggak menghiraukan mata yang masih super ngantuk ini, lalu ngumpulin nyawa buat baca chat whatsapp Ajunk yang cukup panjang.
“Dear my Abang & my Adik.
Hari ini Mom and Dad bertengkar parah.
Seperti biasa, awalnya cuma gara2 kata2. You know lah, word can hurts more than anything. And more destructive than a bomb nuclear.
Singkat cerita percekcokan ini berakhir dengan baku hantam. And it’s not for the 1st time. Walau sangat parah, untungnya hari ini masih ada gue sebagai pelerai.
Dan intinya : weekend ini, gue mau kita semua kumpul untuk selesain semua ini. Karena gak mungkin dibiarkan berlarut2. Ini sudah sangat runyam. Gue udah bilang ke ayah juga kok. So, don’t make any appointment guys!
Calon Perwira,
Fazlur J. Rahman. “

Yaps, chat wahtsapp yang cukup menyita emosi.
Axa hingga kini selalu meng-amin-i pesan mama bahwa laki-laki adalah pemimpin, penjaga, pelindung, pembela. Makanya sejak respect ku berkurang ke ayah, Axa milih abang-abang Axa sebagai pelaku (penjaga, pembela, pelindung, pemimpin) di rumah. At least, buat mama dan Axa (sebelum Axa punya pemimpin tetap nantinya, kata mama). Mama selalu ngingetin untuk me-nomer satu kan kaum laki-laki, menghormati, dan menghargai keputusan pemimpin di rumah. Dan pemimpin di rumah bagi Axa bukan lagi ayah, tapi abang-abang Axa. Karena mereka yang lebih mau menjaga kaum hawa di rumah, always on, siap siaga.
Dan Axa akui, Ajunk bahkan lebih layak jadi pemimpin buat kami, meskipun ada bang Patih yang paling tua diantara mereka berdua. Atas rasa hormat kepada pemimpin di rumah (Ajunk), semua agenda malam mingguan besok –pun Axa akan coba batalkan, gak boleh ada acara kemana-mana. Sesuai permintaan Ajunk.
Tik-Tok-Tik-Tok
Jam nunjuk pukul 3.15, harusnya di pepaya jam segini lagi pada sahur. Entah kali ini.
Yang paling menguras ke-khawatiran Axa ya Ajunk. Begitupun mama, Ajunk adalah nomer satu.
Yaps, Ajunk adalah orang nomer satu sebagai alasan Axa pulang ke pepaya, alasan nomer satu juga buat mama untuk pulang ke pepaya. Tiap Axa libur di pepaya, Ajunk yang selalu ada di sebelah Axa sebelum Axa tidur, muter film  atau lagu yang bikin hati relaks, kalo Axa dah tidur baru deh Ajunk pergi ke kamar nya.
Semoga tuhan selalu kasih sehat buat Ajunk, sebagai pemimpin di rumah. Axa dan mama gak mau sampe lupa memperhatikan pemimpin kami yang satu ini, entah agenda kesibukannya di kampus, sampai makan nya. Sekedar ngingetin makan ke Ajunk. Atau kadang Axa nanya ke mama, “hari ini Ajunk makan apa?” terdengar lucu sih, Ajunk laki-laki hebat, kuat, dewasa, masa iya urusan makan aja kami harus khawatir? Kenyataannya begitu. Axa selalu peduli apapun soal Ajunk. Misalnya waktu dia bilang ada gigi nya yang bolong. Axa dengan gaya emak-emak langsung ngomel gak jelas. Atau waktu Ajunk cerita mata nya mulai minus walaupun sedikit, lagi-lagi Axa langsung ngomel gak jelas.
Sebetulnya saat Axa ngomel gak jelas gitu, Axa bukan lagi kesal ke Ajunk, tapi lagi marah sama diri sendiri, kenapa gak bisa memperhatikan abang-abang Axa, kenapa sampe gak ngejaga paling tidak mengingatkan mereka. Abang-abang Axa tuh pemimpin buat kami (mama dan Axa), jadi bagi Axa kesehatan mereka nomer satu, karena mereka musti selalu punya cukup stamina dan waktu buat ngejaga kami.
Ah, sudahlah, dah mau subuh. Bentar lagi berangkat kerja, mau tidur dulu sebentar.
Dear my lovely dad, please don’t touch my mom anymore” Sebelum pergi tidur, jemari ku refleks mengirim chat whatsapp untuk ayah. Semoga ayah baca itu dengan sudut pandang terbaik.
Selamat pagi orang-orang nomer satu di hidup Axa, yaps mama abang ajunk…

Selamat Pagi juga, kesayangan Axa~

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design