Friday 16 October 2015

Dari Perempuan, Kepada Perempuan

Haduh girls, please deh jangan teriak teriak soal kesetaraan gender sama kaum adam. Kenapa nggak berusaha terima kodrat kalo kita butuh diprioritaskan sih? Kenapa nggak mau ngaku kalo kita selalu butuh bantuan mereka sih?
Raden Ajeng Kartini memperjuangkan kemerdekaan kaum hawa kala itu. Supaya kita dikasih kesempatan untuk ikut serta berpendidikan, mencari uang ngebantu perekonomian. Supaya suara kaum hawa terlibat dalam demokrasi, supaya suara kita didengar di politik.
Bukan supaya kaum kita jadi pembangkang dan sok jagoan, giliran naik kendaraan umum teriak teriak ladies first. Konsisten dong.
Sadar kan girls, kalo ternyata kita disediakan gerbong khusus perempuan di kereta, di busway?  Kalo ternyata kita disediakan ruang untuk ibu menyusui di tiap stasiun? Kalo ternyata di gedung-gedung ataupun pusat perbelanjaan  kita disediakan fasilitas lahan parkir khusus perempuan? Nggak mungkin dibikin fasilitas fasilitas tersebut kalo selama ini kapasitas kita setara dengan kaum adam.
Lalu ladies yang keras kepala masih mau menyanggah dengan kata-kata ‘kenapa harus dibedakan, emang kita nggak bisa parkir rapi seperti pria? Emang kita nggak bisa self defence?’ Pada kenyataannya sehebat-hebatnya kaum hawa, untuk beberapa kondisi, kapasitas kita terbatas, ladies.
Kenapa harus berpikir dengan adanya fasilitas tsb yang khusus perempuan lantas mereka menjatuhkan kaum kita. It’s not, at all, darling!! Justru fasilitas tersebut bukan bermaksud menertawakan kaum kita, bukan untuk membuktikan bahwa kaum kita lemah. Justru itu bukti bahwa kaum kita memang tidak cukup capable untuk melakukan segalanya tanpa pemakluman semacam itu, hehe.
Tulisan kali ini –pun Axa buat karena keresahan yang Axa saksikan dari jaman dulu, sampe jaman sekarang. Meskipun jumlah kereta dan busway di perbanyak, tetep aja manusianya juga makin banyak. Tetep aja jam berangkat dan jam pulang kantor di ibu kota itu transportasi umum penuh berdesakan. Dan nasib kaum kita, ladies?
Ada gerbong khusus perempuan, penuh sesak dan di isi sama makhluk-makhluk egois semua, iya nggak? Wanita itu makhluk egois. Makanya banyak ladies yang bilang ‘males ah di gerbong khusus cewek, justru gak ada yang mau ngalah’ ya iyalah, kan emang naluri alamiah kaum kita, ladies. Naluri alamiah kaum kita emang begitu, maunya dimaklumi mulu. Makanya pemerintah netapin diharuskan adanya fasilitas spesial itu buat kaum kita, bersyukur dong ladies. Jangan malah sok nggak butuh.
Banyak ladies bilang ‘gue di gerbong umum aja, justru malah dikasih duduk’ iya kan? Karena pria-pria itu mengerti, kaum kita butuh itu. Lagi-lagi ladies harusnya bersyukur. Udah diperjuangkan sama Raden Ajeng Kartini untuk bisa sekolah, bisa berkarir, terlibat politik, dll tanpa dihilangkan fasilitas spesial seperti perlindungan-perlindungan tadi.
Axa kemarin naik kereta udah pagi banget guys, jam 4.20 gileee adzan subuh aja belom berkumandang. Itu kereta ke arah tanah abang yang pertama, kalo kereta pertama ke stasiun kota jam 4.15
Begitu naik, Axa kaget badai ternyata sudah penuh banget sama pekerja-pekerja yang sepemikiran. ‘ah, mungkin kalo jam segitu belom penuh kereta, taunya tetep ajeeee guys, haha’ Sampe Axa foto terus kirim ke resepsionis kantor yang biasa berangkat dari lenteng agung jam 6. Lalu Axa bilang, “iye mbak, sama aja berangkat jam segini juga, mending barengin elu aje lah” Mayan bisa nambah jam tidur satu setengah jam.
Apalagi pas jam pulang, gak bisa dihindari tuh yang namanya desek-desekan di kereta. Beberapa bulan lalu aja beritanya sampe ada dua kasus ibu hamil yang keguguran di commuter line, iya kan? Bahaya banget. Yang namanya tidur sambil berdiri di kereta tuh sangat mungkin, orang kedempet dempet kok, kaga bakal jatoh kemana-mana badan kita. Tapi nggak berlaku buat ladies, iya nggak? Karena rentan pelecehan. Itu yang namanya toket, bokong, dan bagian sensitif di tubuh ladies semacam sudah pasrah sama keadaan tersebut ya? Apalagi harus dempetan sama pria, di commuter line atau transjakarta, ya ampun. Tapi gimana lagi ladies?? Transportasi umum di Ibu kota :’(
Nah itu lagi kenapa kaum kita diberi fasilitas lebih, kayak gerbong dan parkiran khusus, padahal menurut data statistik ‘Jumlah Pria di Indonesia lebih banyak dibanding Jumlah Perempuan’. Karena ya gitu deh, kalo kaum pria kesenggol-senggol beberapa bagian tubuhnya di transportasi umum, mungkin nggak terlalu mengerikan, lah kalo kita? Sedih aja kalo bagian-bagian tertentu kesenggol sama orang-orang yang tidak seharusnya nyenggol eaaaaa, hehe L
Pengalaman Axa waktu jaman sekolah dulu, kan PKL di Kuningan ya. Itu harus PP naik kereta. Dapet pengalaman seru. Jadi ada mas-mas yang satu arah pulang, kayaknya dia juga office hour kan,  otomatis ketemu terus tiap nunggu kereta. Axa juga punya beberapa kenalan namanya (kalo nggak salah ingat) mbak Icha dan pacarnya, bu Vera, mereka mereka itu Axa kenal dekat gara-gara nunggu kopaja dan kereta bareng terus di Manggarai, termasuk si mas-mas yang tadi Axa bilang. Sampe suatu hari ada yang janggal dari mas-mas ini, haduh Axa nggak mau cerita vulgar disini deh, tabu.
Akhirnya Axa cerita lengkap waktu itu ke pacar, yang sekarang sudah mantan, hehe. Si mantan Axa kala itu emang termasuk pria yang paham banget kondisi kereta di jam berangkat dan pulang kerja. Akhirnya setelah itu dia sampe rela-rela antar jemput Axa Manggarai-Depok, ya ampun. Sekian soal mantannya jangan banyak-banyak. Bukannya takut galau, tapi takut digaruk lagi sama pacarnya, hehe. Mending kalo ngegaruk langsung, ngegaruknya di twitter, kan bikin males hfft hehe.
Dilema sih ya ladies, kalo naik motor mungkin lebih fleksibel. Tapi di sisi lain kalo naik kereta, lebih murah, cepat, nggak pegel juga, tapi ya itu tadi resikonya, hehe. Intinya apa? Semua ada sisi kekurangan dan kelebihan. Tinggal ladies aja gimana menyikapinya.
Kalo Axa prefer kereta karena pertama belum punya motor, kedua kalaupun ada motor Axa bawa motornya lambat, lagipula nggak pede aja bawa motor karena honestly Axa ini penakut banget kalo denger suara klakson di jalan raya tuh bawaannya gerogi, ketakutan berlebihan gitu, bawa motornya langsung kayak keong, dipinggir aja pelan-pelan, hehe. Jadi kalo nggak ada yang bisa nganter ya Axa prefer naik kereta atau busway aja, irit dan cepat pula, cuma ya gitu namanya transportasi umum yang ada pemberhentian tertentu, jadi misal dari halte ya harus jalan kaki ke lokasi tujuan, kadang agak jauh, kadang. Apalagi naik busway yang harus transit di halte plaza semanggi, haduh ampun deh kalo lagi buru-buru mah. Jauh beud jalan kaki untuk ke halte transitnya. :’(
So, ladies.. Self defence kayak taekwondo, karate, dan lain lain yang bertujuan untuk jaga diri kita emang penting sih, minimal tau dasarnya ya. Cuma mungkin minat Axa untuk belajar masih kurang, hehe. Padahal mantan dulu nguasain buanyak banget jenis bela diri, mulai dari pencak silat, taekwondo, tapak suci, sampe parkour. Kalo lagi iseng, jaman dulu dia sering ngasih tau beberapa gerakan dasar buat jaga diri kalo lagi di kereta misalnya. Dia alesannya ‘gue kan gak bisa mantau lo tiap saat Tah, jadi paling nggak lo harus tau sedikit gerakan self defence, buat jaga-jaga aja’. Tapi emang dasarnya Axa dableg, jadi iya-iya aja, belajar mah kaga.

Jadi gimana ladies era modern? Masih tetep sok sangar atau mulai bisa berterima kasih dengan segala fasilitas spesial untuk kaum kita? It’s pilihan.

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design