Friday 11 December 2015

Tita Titu Donor Dadakan
Ya paling nggak beberapa hari ini ngeliat matahari sedikit lah, gak full di kamar.
Hari Rabu lalu Axa sengaja jalan ke daerah Pluit, karena pusing di rumah terus. Jadi dari Depok ke Pluit terus mampir ke Grogol, selama masih rute kereta dan busway, rasanya aman. Soalnya gak pake ongkos, karena bawa kartu jakcard-nya Ajunk, hikshikshiks.. Berhubung flazz Axa saldonya eweuh, mumpung hari Rabu Ajunk libur kerja, Jakcardnya Axa pinjem buat keliling Jakarta tanpa duit cash (selama pake kereta dan busway, hihi)
Habis subuh Axa dah keluar rumah, sengaja supaya gak panas. Naik kereta menuju Cawang, then nyebrang untuk nunggu busway koridor 9 ke arah Pluit. Muacetttt banget. Tapi gak masalah, bukannya emang Axa mau ngebunuh waktu? Hehe
Usai mampir ke sebuah tempat di Pluit, Axa langsung cabut ngebusway koridor 9 lagi, dan berhenti di halte grorol 2, tepatnya di depan universitas Trisakti. Di gelanggang mahasiswa trisakti lagi ada jobfair yang diadakan pihak jobstreet gitu. Free Entry, masuklah kalo gratis, iseng-iseng.
But, ternyata perusahaan borjuis semua, nyaris semua dari mereka buka lowongan dengan kualifikasi tinggi, lulusan minimal D3, malah kebanyakan minta S1, oke Axa salah tempat, hehe. Langsung cabut dari ruangan tersebut.
Tapi gak langsung pulang, niatnya istirahat masih di wilayah kampus. Dan gak sengaja ngeliat ada ruangan PMI yang terintegrasi sama univ Trisakti. Axa yang emang lagi iseng jalan-jalan ngebunuh waktu, dengan sok asik masuk ke unit PMI tersebut. Tepatnya di dekat gerbang kampus A trisakti. Pintu kaca unit PMI tersebut masih  terpampang papan ‘Close’, tapi dari luar terlihat seorang kakek-kakek dan mbak-mbak mungkin usia 20’an lagi ngobrol gitu. Ya Axa masuk aja, toh gak bakal di omelin  juga kan  kayaknya.
“Assalamualaikum” | “Waalaikumsalam.. Ya, ada yang bisa dibantu mba?” Balas si kakek.
“Hmm, masih tutup ya pak?” Tanya Axa ragu.
“Aku mau donor darah sih, Tapi kalo masih tutup nanti aja saya balik lagi, ehehehe” lanjutku spontan.
Karena gerogi, Axa spontan aja ngomong begitu.
“Owh, bisa kok sekarang” Balas si mbak-mbak (yang ternyata ahli medis/suster) yang bertugas di unit PMI tersebut. Disitu Axa meyakinkan diri dengan ucapan dalam hati ‘dont judge the book by it’s cover xaaaa’
Habisnya si mbak tersebut tanpa identitas sama sekali, pake baju santai banget. Kakek petugas administrasi di unit PMI tersebut juga terlihat tenang banget, kayak kakek dan cucu lagi ngobrol berdua aja gitu.
Lalu kakek petugas tersebut nanya, “Kamu sudah pernah donor disini sebelumnya, kita cek dulu ya tensi mu”
Axa langsung ngeluarin kartu donor yang sengaja selalu nyelip di dompet. “Ini pak, aku bawa kartu donor” | “owh, syukurlah, ini kalo begitu kamu tinggal isi form aja, nanti langsung diperiksa darah dan tensinya sama mbak Nova”
Saat isi form, ada beberapa checklist yang bikin Axa senyum-senyum sendiri, haduh kok gak jadi gerogi gini ya.
“Nggak begadang kan semalem mbak?” Tanya mbak Nova saat Axa nyerahin form donor darah.
“Nggak kok mbak” | “Yuk, kita cek tensi dan ambil sampel dulu”
Kami pindah ke ruang sebelah, untuk cek tensi dan ambil sampel darah.
“Alhamdulillah dapet darah A juga hari ini, kebetulan kami lagi cari kak, soalnya lagi sepi yang bersedia donor, sekalinya ada golongan darahnya O, kita kosong nih stok darah A” | “masak sih mbak? Aku kira kalo di kampus gini rame, dah gitu ini kan di pinggir jalan raya besar, banyak orang”
Pokoknya Axa ngomong mulu deh, ngilangin gerogi. “110 tensinya, normal” Lalu Mbak Nova menusukan jarum ke jari tengah Axa, mengambil beberapa tetes darah untuk dicampur ke dua wadah air warna biru gitu, entah cairan apa. Setelah melihat respon darah di dua tabung tersebut baru deh mbak Nova menyatakan, “Oke, bisa diambil nih darahnya” | “Alhamdulillah” | “Boleh cuci lengan dulu di wastafel sebelah kak” | “Oke mbak”
“Berapa mili mbak Nov?” Axa nanya-nanya gak penting supaya jarum yang lagi nyedot darah gak begitu terasa.
“350ml kak” | “nggak satu liter aja mbak, gapapa satu liter juga, kan katanya lagi kosong stoknya hehe”
Mbak Nova hanya membalas cengar-cengir aja. Barangkali dia mikir nih anak gak waras kali, dateng kayak orang ling-lung, udah gitu ngomong mulu. Maap ya mbak Nova.
Sambil nunggu juga, kakek (lupa axa namanya) nyiapin pop mie dan susu cokelat buat Axa. “ini susu dan popmienya, supaya gak lemas habis ambil darah” | “haduh, terima kasih pak, insyaaAlloh nggak lemas kok, sudah sarapan soalnya” | “seduh disini aja kak, gakpapa, gak buru-buru pulang kan?” timpal mbak Nova.
“iya mbak terima kasih, mau langsung pulang aja, makasi ya bisa donor disini ternyata, next time aku rutin kesini aja 3 bulan sekali ya, hehe” | “makasi loh kak” | “saya yang makasi mbak” *rauwis-uwis*
Lucu aja, niat awal ke trisakti mau jalan-jalan ngebolang aja, malah dapet berkah bisa kenal dan ngobrol banyak sama mbak Nova dan kakek (lupa Axa namanya). Alhamdulillah.
Hmm, Axa langsung menuju halte busway Grogol 2. “Ping!!!”
“Siappp bude, Axa langsung otw RS, insyaaAlloh dzuhur dah sampe disana kok” | “Oke”
Ponakan Axa yang bader lucu menggemaskan ‘Daeva Lintang Ni Kairel’ dirawat di RS Mitra Depok dari hari Selasa. Dan mumpung lagi dijalan, sekalian aja langsung, gak usah pulang dulu.
Dari Stasiun Cawang langsung menuju debar, dari stasiun depok baru langsung moving ke RS Mitra. Nemenin Daeva sampe malem di RS sama bundanya Daeva (ka retno) dan bude Wati. Alhamdulillah hari ini Daeva udah bisa istirahat di rumah (Sabtu 14/11/2015).
Ruang rawat khusus balita gitu. Kasur sebelah Daeva itu pasien laki-laki usia 2 tahun, dari siang Axa liat si kecil tersebut cuma ditemani papa-nya. Papa muda, ehehehe. Yaterus, Axa.. plis deh. Bukan.. Bukan.. Axa cuma salut aja sama si papa muda tersebut, bisa ngehandle dan touch banget sama anaknya, sendirian pula. Pas Axa tanya, katanya mama-nya lagi kerja. Tapi sampe malem Axa disitu, mamanya gak muncul juga. Hadohhhh stop xa, ini tulisan jadi kayak ngegosip. Hussshhh.. husshhh..
Alhamdulillah juga, embah uti kami operasi matanya berjalan lancar. Jumat kemarin Axa stay di rumah embah, nemenin cing ros. Karena embah operasi ke RS Asih Ciledug ditemani om Nur dan bude iyah. Semoga embah kami senantiasa diberi sehat sama Alloh. Embah kami satu-satunya :’)
Yang Axa takut kalo di rumah embah itu, cemilannya. Hehe.. Bude Miranti biasanya bikinin pisang goreng sama teh manis hangat kalo Axa nunggin rumah, jadi gak enak hati, hehe. Pisang goreng buatan bude itu enaknya nagih banget, numero uno!! Dibentuk bunga-bunga pula, jadi pas makan ada sensasi romantisnya, hehehehe!!
Malemnya Axa buru-buru pulang ke pepaya. Ajunk dan Abang masuk kerja malem. Hujan deras. Di pepaya sama ayah aja. Sedihnya, ayah tiba-tiba sakit giginya kumat. Biasanya ayah kalo dah sakit gigi itu rusuh, sampe jerit-jerit nahan sakit, serem dan gak tega pokoknya ngelihatnya.
“Tha ada antibiotik nih yah, pake air anget ya, nanti senin kita ke puskesmas aja yah minta obat, udah musim hujan pasti bakal sering kambuh giginya” cemasku.
Kalo jaman Axa sekolah kalo ayah sakit gigi, ada mamah. Sekarang? Mana gak bisa ngelakuin apapun, gak bisa bawa ayah ke dokter pula.

Eitsssss!! Sudah gelap, No more tears!! tidur xa!!

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design