Thursday 24 March 2016

Nilai Jual dan Kepercayaan

Disadari atau nggak, perekonomian Indonesia makin maju loh gengs. Bukti kecilnya seperti daya beli masyarakat Indonesia yang terus meningkat. Jaman Axa esde, handphone polyponic aja udah barang mewah banget, kebutuhan tersier. Sekarang coba? Anak esde bawa smartphone dah bukan hal keren, biasa aja.
Kabar baiknya sifat konsumtif tersebut dibarengi sama meningkatnya pula produktivitas, meluasnya lapangan pekerjaan, jadi nggak jomplang. Makin hari makin bermunculan bak jamur, pemuda pemudi Indonesia yang menunjukan kreasi dan inovasi dalam berbisnis. Kota-kota yang jadi lahan empuk untuk memulai usaha kecil bagi para pemuda/i seperti di Jabodetabek, wuih keren lah. Pembangunan makin marak. Lahan kosong jaman kita kecil udah pada disulap jadi ruko-ruko, tempat-tempat bisnis. Kadang bikin iri, jadi pengen buru-buru belajar bisnis, bikin genk usaha!!
Axa pribadi bukan anak gahol yang biasa nongkrong kesana kemari. Tapi sedikit banyak tahu dari hasil collect data sana-sini. Jadi punya sedikit refrensi lokasi sasaran empuk muda-mudi, alias strategis buat buka usaha. Mayoritas muda-mudi milih memulai bisnis nggak jauh-jauh dari Kuliner, karena dianggap perputarannya cepat. Kayak bikin Coffee Shop, warung ayam bakar, dll. Selain Kuliner, biasanya muda-mudi buka bisnis clothing line. Dua bisnis yang Axa contohin tadi itu banyak temen-temen pilih mungkin karena modalnya yang bisa dijangkau. Kalo taksiran aku mungkin punya modal 50 – 100 Jt kalian dah bisa start bisnis. Kalo satu genk berlima, patungan uang, patungan ide, pasti hasilnya maksimal, insyaAlloh.
Seperti saran Om Ipho Kanan, kalo mulai bisnis harus cari partner patungan, minimal berdua. Selain bahu membahu cari modal dan ide cemerlang, partner dalam bisnis juga penting untuk saling memberi support. Ya namanya bisnis, jatuh bangun kan biasa. Syukur-syukur kita dapet genk bisnis yang saling menguatkan dalam berbagai kondisi, aamiin.
Sebetulnya point yang Axa lagi resahkan adalah, kalo wirausaha semakin hari semakin menjamur, artinya persaingan bisnis makin kompetitif kan yah, saingan dimana-mana. Memaksa para pelaku bisnis kecil hingga bisnis yang sudah raksasa untuk konsisten cari cara untuk bisa survive, untuk selalu unggul. Pe-Er yang ndak ada berhentinya. Itu salah satu fungsi Bussiness Marketing juga yah, tantangannya makin hari makin luar biasa.
Contohnya di Kemang, ada ratusan kafe. Temen-temen perhatikan deh, jenis hidangan yang mereka jual hampir banyak kesamaan, harga? Tentunya sangat bersaing. Akhirnya hal tersebut merangsang kreatifitas Tim buat bikin hal yang bikin bisnis mereka beda, punya khas, gitu. Misalnya design interior kafe dibuat seeeeee-menarik mungkin. Di Kemang ada banyak kan tuh Coffee Shop, ya kopi yunno lah rasanya kayak apa, se-lezat lezatnya kopi, ya rasanya dari sananya begitu. Tinggal gimana si tukang raciknya bikin ciri khas.
Lalu konsep warung makan yang bertema Outdoor juga lagi hits kayak Kedai Pendaki (Jaktim), TravelMie (Tangerang), Tapak Cafe (Cipinang), dll. Makanan yang dijual sama, tema warung sama-sama outdoor gitu, tapi masing-masing mereka punya khas di design interiornya, kayak TravelMie ngegelar banyak tenda dome ditempat makannya, terus ada tulisan-tulisan khas kayak di gunung gitu, yuhuuu..
Begitupula dengan bisnis Clothing Line, para muda-mudi yang terjun langsung ke bisnis ini berlomba-lomba bikin design se-khas khasnya (apasih hah, bahasaku kacau gengs, maklum kelamaan tinggal dalem Goa).
But, Axa selaku pengamat *tsahh* *dijawil* mencerna, nggak hanya design, harga, rasa, khas atau apapun itu yang musti terus dikembangkan dalam bisnis. Kan aspek marketing yang kalo ndak salah (price, place, packaging, and apa gitu Axa lupa, ada kok di postingan 2012, haha). Yang menjadi hal penting adalah gimana temen-temen men-treat konsumen, bener ndak sih penulisanku, CMIIW ya gengs, telima kaci dimaklumin terus.
Yang Axa maksut disini sih, seperti bagaimana kita memperlakukan konsumen (gimana menyambut mereka, gimana cara minta feedback tentang produk kita, gimana cara kita berterima kasih, gimana cara kita minta maaf, gimana cara kita mencaritahu kebutuhan konsumen, gimana cara kita menawarkan, dan lain-lain lah ya) itu ada kaitannya juga sama ilmu komunikasi bisnis, semester lalu Axa baru dapet mata kuliah ‘komunikasi Persuasif’, kayaknya ada dibahas, cuma lupa detailnya.
Nggak cuma di Kemang, tempat jajan yang terpusat ada di pasar santa, atau kalo yang mahalan dikit temen-temen bisa ke Kelapa Gading, mungkin kalo mahasiswa ndak cocok kantongnya yah, Axa juga serem kalo nongkrong disana kalo bukan meeting yang dibayarin klien, wkwkwkwk!!
Kalo cari lokasi bisnis Clothing Line, mungkin temen-temen bisa ke daerah Tebet, ndak jauh dari stasiun tuh pusatnya, nempel-nempel sama deretan kafe juga, strategis.
Kalo di Bogor mungkin lebih menjamur lagi kawasan bisnis kuliner, salah satunya di deket2 btm, 10 menit lah jalan kaki dari stasiun. Kalo di Bekasi dll Axa kurang tau. Kalo di Depok mungkin daerah Cinere, Kukusan Beji, Akses UI atau kelapa 2, itu cukup rame juga, pusatnya ya jelas margonda. Kalo lagi di Depok, cari jajanan apa aja, mungkin Margonda jadi spot utama, kamu cari makanan ada, toko outdoor ada, mall ada, pusat percetakan banyak, salon, toko komputer, dsbg. Lengkap!! Kapp!! Kapp!!
Ndak Cuma di pusat kota, diperkampungan pun persaingan bisnis itu juga ketat loh. Contohnya di deket tempat tinggal Axa daerah hek citayam. Tukang sosis bakar tersebar, hehe. Yang jelas warung kelontong lah ya, dimana-mana pasti banyak. Itu loh warung yang jual berbagai kebutuhan sehari-hari, biasanya kita kasih nama sendiri, warung ucok, warung batak, dll. Hehe
Ada juga bisnis Laundry Kiloan, wih banyak banget. Ditempat kalian juga banyak kan tuh ya Laundry Kiloan gitu, apalagi kawasan deket kampus like UI gitu, Laundry kiloan buanyak banget, harga bersaing, ada paket super cepet gitu, cuci cuma 12 jam, 24 Jam, atau reguler 3 hari, biasanya gitu.
Tapi beberapa Laundry kiloan ditempat tinggal Axa nggak punya paketan cuci kilat gitu, cuma ada yang reguler yaitu 3 hari. Nah kebetulan karena beberapa kesibukan, cucian di rumah numpuk ndak ada yang lagi senggang, makanya mama ambil keputusan untuk drop aja lah cucian ke londry. Pagi-pagi sambil berangkat Axa sama mama ngedrop cucian ke salah satu londry terdekat dari gang rumah.
Hari ini udah hari ke – 4, pikirku normalnya sudah bisa diambil nih cucian, Axa pergi deh ke londry tersebut buat ambil. Jeng.. jeng.. jeng.. surpriseeeee!! Sudah 4 hari, ternyata cucian kami belom dipegang sama sekali, digeletakin ajah di bak. Oh No :’( Alasan mereka karena kurirnya lupa pick up, mesin pribadi mereka sedang rusak, ya tuhan.
Axa berusaha tenang. Si Penjaga tsb minta maaf, oke Axa ndak masalah. Tapi biar gimanapun pihak londry butuh feedback atas cara kerja mereka, supaya mereka tetap bisa eksis di bisnis tsb, mereka kan punya pesaing di kanan-kiri, kalo ndak berbenah, ndak takut kehilangan pelanggan2 yang sudah setia mbak? Hmm.
Akhirnya Axa angkut lagi cucian yang tertumpuk 4 hari ditempat londry tsb.
Dari situ Axa tiba-tiba flashback pengalaman 4 tahun yang lalu;
Nih ya, habis lulus SMA sebelom kerja dimana-mana, Axa itu tukang jaga laundry kiloan milik Bu Reni yang tinggal di Anggrek Raya, yunno?! Dan kejadian kayak mesin air mati, atau dryer rusak, atau tukang setrika sakit, itu udah hal biasa. Pernah ada kejadian, cucian lagi banyak., dan Mbak Kokom yang biasa cuci & setrika ndak masuk karena suaminya sakit. Disamping itu Bu Reni pemilik londry juga ndak biasa nyuci dan setrika baju sendiri, omaygat..
2 hari itu Axa ngerjain semua sendirian, nyuci, nyetrika, ngebungkusin, sampe nganterin pakean tsb ke rumah beberapa konsumen, demi menjaga pelayanan londry. Padahal kalo mau males mikir, ya Axa boleh aja ngebiarin tuh cucian, wong bukan tugas Axa kok, Bu Reni juga ndak bakal marah. Tapiiiiiii ternyata disitu Axa tanpa sadar sedang belajar bagaimana ngejaga kepercayaan orang, bukan soal uang, tapi soal kepercayaan. Orang-orang yang naro cucian di Hafiztha Laundry artinya percaya pada kami buat cuci baju mereka sesuai sama janji, dan Axa ada andil didalamnya, gitu aja sih.
Pernah juga ngalamin, ada pelanggan kami yang minta cuci karpet besar banget gitu. Axa coba jelasin ke beliau, bahwa kami belum bisa melayani cuci karpet yg besar gini pak. Tapi beliau terlihat agak kecewa, karena kebetulan kami londry yang lokasinya paling dekat dengan rumah beliau, biasanya beliau cuci pakaian harian aja, baru kali itu minta cuci karpet. Tiba-tiba Axa terpikir rencana lain, gimana supaya pelanggan ndak kecewa. Tentunya Axa butuh persetujuan Bu Reni pemilik londry, awalnya bu Reni kekeuh bilang ke Bapak tsb supaya cari londry lain aja yang ada jasa cuci karpetnya.
“Bu, aku ada usul lain. Laundry yang di jalan Leli itu kan sudah biasa cuci karpet, tarifnya permeter 8rb, gimana kalo karpet ini kita terima aja, nanti kita bawa kesana, tapi kita kasih harga ke bapak ini 9rb permeter, itung-itung buat income kita, kan kita kesana juga bawanya susah, gimana? Yang penting bapak ini setuju sama harga yang kita tawarin dan tetep terpenuhi kebutuhannya.”
Akhirnya bu Reni setuju. Axa langsung tawarin harga tsb ke Bapak tadi, beliau ndak masalah sama harga. Tapi Axa konfirm sebelumnya ke beliau, kalo kita kali ini belum bisa kasih estimasi selesai berapa hari, karena belum pernah cuci karpet, gitu. Jadi pelanggan nggak berekspektasi berlebihan sama Londry kami kan.
Sebetulnya postingan kali ini terpicu sama tweet keluhan mas Alitt ke Telkomsel gegara masalah jaringan yang dibiarkan berlarut lama, belum juga ada perbaikan. Telkomsel kan perusahaan besar, mungkin agak lambat kalo nerima masukan dari individu, kecuali yang komplen serentak. Di tweet’nya mas Alitt nulis, “kalo ndak berbenah juga, emang Telkomsel mau kehilangan para pelanggan yang sudah setia?”
Kalo temen-temen, pengalaman seru apa yang pernah kalian lewati demi menjaga kepercayaan? =D
Selamat siang guys, jangan lupa senyum dan berpikir positif ya. Muaachh :*

Wednesday 23 March 2016

Rasa Takut itu Manusiawi

Temen-temen dah pernah nonton film Inside Out kan? Yap, film animasi yang psikologi banget itu, ah sumpah itu film keren banget. Axa pribadi kasih nilai 9/10 buat film tsb. Kerennya lagi film itu dikemas se-ringan dan seapik mungkin demi bisa diserap sama penontonnya. Axa juga suka sama soundtrack di opening filmnya, hehe. Apasih.
Salah satu point dari film tersebut ngasih tau jenis-jenis emosi apa saja yang pasti ada dalam diri tiap manusia. Ada 5 jenis emosi ; Bahagia, Sedih, Marah, Jijik, dan Takut.
Intro aja sih, dari lima jenis emosi tsb, intinya mah kali ini Axa lagi mau ngobrol hanya tentang salah satu jenis emosi aja, namanya ‘Takut’.
Seberapa penting kah rasa Takut, menurutmu? Kebetulan pertanyaan serupa sering banget dilempar sama bang Dochae awal-awal inner aktif. Dan sejujurnya pertanyaan tsb sering banget muncul dalem hati sih. Hanya saja buat ngejawab ke diri sendiri tuh agak susah. Makanya Axa butuh kalian semua untuk teman bertukar pikiran tentang Seberapa penting rasa takut itu.
Barusan habis diskusi sama mama soal masa depan (berawal dari rasa takut), banyak hal nggak sejalan yang memicu obrolan mama dan Axa nggak ketemu jalan tengahnya, jadi sepintas obrolan kami terdengar layaknya perdebatan gitu. Untungnya kemarin ada input baru dari article yang ditulis Ko Kei tentang Pemikiran Konservatif dan Progesif, akhirnya dengan mudah Axa mutusin nyerah, dan mengalah. mungkin emang pola pemikiran orangtua kita pasti begitu, kelak kita bakal ada di posisi sebagai orang tua juga, jadi apa salahnya sekarang mendengarkan aja. Kalo mau ikutin cara orangtua silakan, kalo punya cara lain yang menurut kita akan lebih cocok dengan kita ya monggo. Tapi sampaikan dengan cara yang baik, jangan bikin orangtua sampe ngerasa dibantah, sama-sama enak.
Kembali ke Seberapa penting kah rasa Takut?
Setiap orang di dalam dirinya punya jenis emosi takut, wajar dan manusiawi. Misalnya; takut ditinggalkan, takut kehilangan, takut kerusakan, takut kesepian, takut kegelapan, takut dianggap buruk oleh oranglain, takut kehancuran, dan berbagai ketakutan lain.
Bagi Axa emosi Takut itu sangat penting dan sangat dibutuhkan selama dalam skala wajar. Karena dengan adanya rasa takut atau cemas, membuat manusia jadi lebih meningkatkan awareness, bikin manusia jadi berpikir kreatif untuk punya tindakan preventive demi tidak terjadinya hal-hal yang ditakuti tersebut. Iya nggak sih?
Contoh kecilnya; Karena takut terjadi kebakaran, tersedialah lembaga pemerintah yang bertugas khusus seperti Pemadam Kebakaran. Nggak hanya memadamkan api saat terjadi kebakaran, mereka juga punya jadwal rutin penyuluhan kepada masyarakat bagaimana meminimalisir terjadinya kebakaran, bagaimana apabila terjadi kebakaran kecil, mereka memperkenalkan berbagai hal pemicu terjadinya kebakaran, memperkenalkan alat pemadam, dan berbagai tindakan pencegahan sampai penanganan. Itu salah satu contoh.
Contoh kecil lagi, karena takut kesiangan berangkat sekolah, akhirnya terpikir untuk pasang Alarm atau jadi ndak begadang. Karena takut penjualan tersaingi kompetitor, jadi terus berinovasi bikin produk-produk yang lebih baik lagi, meningkatkan pelayan dsbg lah. Kompetisi menjadi pemicu inovasi. Nangkep kan ya guys?
Contoh lagi; karena takut obesitas, jadi terpikir olahraga dan ngatur pola makan. Karena takut banjir, jadi ndak buang sampah sembarangan dan rajin bersih-bersih. Karena takut terjadi mountain sickness saat hiking, jadi rajin latihan fisik dan mementingkan safety procedures. Karena takut nyasar di hutan, jadi download dan cari tahu aplikasi GPX Viewer dan pastinya jadi menjaga teamwork saat melakukan perjalanan, hehe..
Hmm apalagi yah contohnya... Karena takut ada razia kendaraan, jadi selalu periksa surat2 sebelum berangkat. Karena takut handphone lowbat dan mati gaya, jadi bawa powerbank. Karena takut jerawat, jadi rajin cuci muka. Karena takut hubungan sama pacar rusak, jadi saling introspeksi.
Rasa takut bila kita lihat dari sudut pandang positif, hasilnya akan positif. Akan ngebawa kita ke tindakan-tindakan pencegahan. Tapi kalo kita gagal mengolah rasa takut tersebut, bisa juga berdampak negatif. Contohnya; Karena takut anaknya terlibat Pergaulan bebas atau terlibat kasus kriminal, jadi ngelarang anaknya bergaul sama temen-temennya, hasilnya bukan bebas dari salah pergaulan malah jadi kuper anaknya. itu contoh dari kurang tepatnya memilih cara mengolah rasa takut.
Padahal rasa takut itu alamiah, wajar, manusiawi, datangnya dari tuhan. Tapi bagaimana kita mengambil sikap dan mencari solusi, ya itu berawal dari cara kita menilai atau melihat suatu hal / kasus, syukur-syukur kita semua dikasih jiwa yang tenang tiap kali dikasih task sama tuhan, jadi ndak mudah panik, ndak gegabah, ceroboh yang ngerugikan kita juga nantinya. be wise ya teman.
Btw, bicara soal sikap tenang barusan, Axa jadi keinget sama salah satu rekan kerja Axa waktu di Cileungsi, namanya Pahjiar, Axa biasa panggil dia Ka Jiar. Haduh Axa belajar banyak dari sosok Ka Jiar itu soal memposisikan diri, bersikap tenang dalam banyak situasi, Axa salut sama teman Axa yang satu ini, langka.
Sebetulnya semua rekan kerja disana punya hal hebat masing-masing di mata Axa. Hanya saja, kalo urusan bersikap tenang, Ka Jiar lah guru buat Axa. Kebetulan Axa sering perhatikan detail temen-temen, tiap ketemu masalah, bagaimana mereka berekspresi, bagaimana mereka bikin kesimpulan, bagaimana mereka bertindak. 1 ½ tahun satu ruangan sama orang ini bikin Axa kerja keras belajar mengatur diri jadi orang yang nggak mudah panik, walaupun sesekali panik gak jelas tetap terjadi. Makanya Ka Jiar ini orang yang paling sering Axa curhatin tentang apa aja, sembari kerja, hehe. Terima kasih luar biasa atas ilmunya Ka Jiar, semoga segala kebaikan selalu berbalik ke diri sendiri.
So, guys.. Menurut kalian seberapa penting sih rasa takut itu? Menurutku, penting banget =D

Buat temen-temen yang senang berbagi ilmu, Axa selalu menerima kritik dan saran yang membangun, arigatou :)

Tuesday 22 March 2016

Let's BaPer

Menghargai diri sendiri dengan cara menghargai orang lain. Mungkin kalimat barusan sengaja Axa pilih untuk menggambarkan keriuhan hari ini guys. Setiap hari memang selalu riuh sih, tapi riuh hari ini bikin Axa menekankan ajakan buat makin makin makin belajar ngehargain diri sendiri, dengan cara menghargai orang lain.
Hari ini Axa mau bahas dua Judul sekaligus, problem pribadi yang Axa alamin di rumah, yang kedua problem masyarakat yang lagi rameeee banget hari ini.
Yang pertama, tau gak sih guys tadi pagi ada yang ngajak debat di twitter dan akhirnya dia blokir Axa gegara tweet Axa tentang Perokok, hey guys pertama; Twitter itu media sosial tempat menyuarakan opini, selama tidak ada unsur kekerasaan, SARA, Axa pikir sah-sah aja, kamupun kalo komen gak setuju juga gapapa kok, kan bebas.
Jadi awalnya Axa ngetweet gini nih guys “Dari kecil sampe sekarang sering (nggak sengaja) kesundut rokok sampe luka, minimal baju bolong. Makanya sebel sama perokok, karena mereka berpotensi merugikan orang lain.Tweet kedua Axa, Axa mendingan punya temen bertatto dari pada perokok, soalnya tattoan itu ndak merugikan orang lain, kalo soal Jahat mah itu bawaan lahir, bukan karena Tatto
Terserah sih mau pro atau kontra dengan Axa, silakan, kita semua bebas beropini kok. Tapi Axa mau luruskan sedikit yang Axa maksud. Kegiatan merokoknya ndak salah kok, bebas. Tapi mbok ya kalian ngejaga orang lain untuk tetap nyaman dan aman. Abang Axa (Ajunk) yang udah 2 tahun meninggalkan rokok akhirnya sekarang merokok lagi. Ndak masalah sih. Apalagi Ajunk ngehargain kebebasan orang, dia hanya merokok di belakang rumah atau di kamar mandi, ndak mengganggu sama sekali.
Dan bersyukurnya, pola dikeluarga Axa emang sudah terbentuk demokratis. Kami boleh protes apabila merasa dirugikan/tidak nyaman dengan sesama kami. Contohnya ; kalo mama merokok disembarang tempat, abu rokoknya kemana-mana krn ndak pake asbak, anak-anaknya boleh komplain, mama ngaku salah, clear. Atau saat mama ngerasa terganggu kalo anaknya ndak langsung cuci piring habis makan/masak, mama boleh langsung komplain, kami ngaku salah, clear. Kuncinya komunikasi, gitu aja. Dan yang jelas menghargai orang lain.
Bagaimana cara kita menghargai diri sendiri terlihat dari cara kamu sangat menghargai orang lain/lingkungan. Be wise, gengs :*
Then, si orang yang blokir Axa di twitter komentar ndak nyambung, “Tapi kalo yang tatto’an itu kan perusak, pengganggu, kriminal, bengis”
Ya Tuhan, ampunin orang yang ngejudge orang tattoan itu kriminal, aamiin. Kan di tweet itu Axa dah bilang, kalo jahat mah bawaan. Ndak ada hubungan sama sekali sama tatto. Wong Axa punya temen tattoan, tapi dia penyayang keluarga banget tuh, penyayang binatang, punya banyak adik asuh yang dia sekolahin, rajin ibadah pula. Lantas, kesimpulan idealis picik itu lahirnya dari mana sih?
Kamu kebanyakan nonton sinetron sampah mungkin, yang mengidentikan tatto samadengan kriminal. Tatto itu menurutku salah satu selera seni aja sih, ndak lebih. Jelas lebih kriminal orang yang sengaja merokok di tempat umum. (maaf yaa Axa ndak ada maksud menyudutkan siapapun disini, kita introspeksi diri masing-masing aja kok)
Contoh kasus pribadi yang real -> Axa tadi pagi komplain ke mama, karena merokok depan kipas angin, baranya terbang ke baju Axa, nggak cuma panas di kulit Axa, tapi baju Axa bolong hiks..hiks.. (itu contoh perilaku merugikan dong, jelas) Kita boleh ingatkan mama untuk nggak ngulangin itu lagi.
Di lain hal, Axa lagi bantu Ajunk nyari studio tatto (temporer) yang oke, nggak ada masalah abang Axa tatto’an, toh nggak merugikan siapa-siapa, apalagi sama sekali nggak ngurangin rajinnya dia beribadah, selera seni orang beda-beda. Bahkan (kalian nggak perlu peduli sih), tingkat rajin ibadah abang-abang Axa lebih baik dibanding temen-temennya yang ndak tattoan (IMHO), jadi apa masalahnya. Axa bukan bagus-bagusin abang2 Axa. Tapi ada kok temen kampus Axa nggak tattoan, nggak merokok, tapi dia sering nyakitin orangtua dan suka main perempuan, bengisan mana cobak? Plis objektif aja lah kita.
Daaaan, ndak usah bicara pahala atau dosa ya gengs. Itu ndak konkrit, urusan kita dengan tuhan masing-masing. Axa ngajak ngebahas hubungan antar sesama manusia aja, saling menghargai. Toh semua agama ngajarin kita berperilaku baik. Segala kebaikan akan berbalik ke kita, begitupun keburukan. Gitu hehehe :*
Masuk ke Problem kedua, berita Nasional
Temen-temen pasti udah denger berita demo besar-besaran para pengemudi taksi reguler di Ibukota. Beritanya dah dari kemarin, eksekusinya hari ini. Dari pagi berbagai ruas jalan Ibukota dibuat macet sama kegiatan demonstran ini. Nggak salah sih, hak untuk menyuarakan aspirasi dengan cara berdemonstrasi itu sudah ada Undang-Undangnya, silakan. Dengan catatan tidak ada aksi vandalis. Nyatanya? Video dan Photo aksi kekerasan para demonstran dari pagi tadi tetap terjadi tuh. Bahkan aksi kekerasan antar sesama pengemudi taksi dari seragam yang sama, alias perusahaan yang sama.
Eits, bentar dulu. Axa lupa info dulu nih tuntutan para demonstran (pengemudi Taksi reguler yang didominasi oleh Bluedbird dan Express, dan mungkin beberapa perusahaan Taksi reguler yang belum terlalu besar). Tuntutannya adalah memblokir atau meniadakan Taksi berbasis aplikasi online.
Meskipun Axa bukan pengguna jasa tetap untuk Taksi Online maupun taksi konvensional seperti Express/Bluebird, jelas Axa kurang setuju sama tuntutan demonstran ini. Ehh justru karena Axa bukan pengguna jasa tetap mereka yah, ada atau nggak adanya tidak begitu pengaruh, jadi dengan ini kalian ngerti dong, Axa beropini sebagai pihak netral, sangat netral. Hehehe!
Lanjut...
Nah, demi meminimalisir egoisme (apalah) Axa mau ngereview statement dari salah satu tokoh yang Axa idolakan (Alitt Susanto). Banyak kok followers Mas Alitt di twitter yang merasa terwakili sama opini doi yang super detail, karena ndak semua dari kalian pake twitter, berikut Axa ketik ulang isi timeline Mas Alitt tentang aksi demo oknum-oknum BlueBird dan Express Taxi.
1.      Berkurangnya demand pengguna taksi Bluebird/Express bukan semata-mata kesalahan Online Taxi, driver taxi kalian juga ada andil kok.
2.    Dulu, saat belum ada Online taksi kami sudah mulai jengah dengan masalah; tarif mahal, supir (sok) nyasar, dan malas nganter rute dekat.
3.    Kami pake taksi utk mempermudah pindah lokasi dgn nyaman & aman. Apa Bluebird/Express merasa memberikan itu?
4.     Semoga Bluebird/Express ndak lupa sering terjadi kasus perampokan penumpang dgn modus kerjasama pelaku sama oknum driver.
5.    Bluebird/Express mendominasi taksi di Indonesia, tapi apa memberikan pelayanan terbaiknya? Yakin dengerin konsumen?
6.    Yg konsumen mau dari taksi : a. Tarif wajar, b. mudah dipesan, c. Driver hafal jalan (kami penumpang, bukan navigator), d. Aman, e.Wangi
7.     Tapi yg kami lihat Bluebird/Express gagal memberikan SEBAGIAN BESAR dari kebutuhan penumpang  di point tadi loh.
8.    Lalu Online Taxi masuk ke bisnis transum. Memberikan apa yg kami butuhkan tadi dengan baik, penumpang pun memilih mereka.
9.    Online Taxi berbasis aplikasi, identitas driver tercatat jelas di aplikasi kami secara online,. Estimasi budget ada, rute jelas, ramah iya, Aman.
10.  Sebenernya kami ndak akan memilih Online Taxi kalo pelayanan mereka tidak lebih baik dari Bluebird/Express kok, sumpah..
11.    Gimana jg kan Bluebird/Express udah jauuuhh lebih dulu ada di bisnis ini. Emg gampang berpindah hati?
12.  Tapi kelakuan oknum driver dan kekurangan Bluebird/express yang gak dibenahi bikin kami mudah berpindah hati ke online taxi.
13.  Konsumen berhak memilih produk yang lebih baik.
14.   Alasan Bluebird/Express menentang online taxi “krn Plat Hitam”, itu cemen banget. Malu buat bilang alasan sebenarnya “krn mereka lebih baik?”
15.  Konsumen GAK PEDULI taksinya Plat Hitam/Kuning/Pelangi. Yg penting jasanya sesuai kebutuhan.
16.  Ini suara konsumen. Kami udah jengah dipaksa pake produk yang gak sesuai harapan kami, kami tak mau dimonopoli.
17.   Cara untuk melawan online taxi adalah dgn pembenahan dalam diri kalian, bukan demonstrasi.
18.  Kalopun kalian menghentikan bisnis online taxi, tapi selama Bluebird/Express tidak membaik pelayanannya, gue milih naik Gojek.
19.  Apalagi demo hari ini, dimana oknum2 driver Bluebird/Express merusak mobil & ngeblokir jalan, gue makin gak simpati.
20. Segala tindakan berbasis & vandalis oknum driver Bluebird/Express hari ini membuat saya takut, ternyata mereka bengis ya.
21.  Sekian pendapat saya (Alitt Susanto)

Wuihhh keren Mas Alitt mewakili suara jutaan orang mungkin yah. Buktinnya buanyakkkk banget yg pro sama ulasan mas Alitt tsb, malah pada ngasih tambahan juga. Axa juga mau nambahin satu nih kebiasaan buruk beberapa oknum driver Bluebird/Express : Kadang mereka nggak mau pake argo, mintanya borongan, apa cobak. Bukannya itu menyalahgunakan aturan dari perusahaan mereka, jelas merugikan konsumen, yuhuuu!!
Kita nggak boleh generalisir, karena nggak semua driver Bluebird/Express itu buruk, -pun driver Taxi online juga ndak semuanya bener. Kita bicara pelayanan perusahaan mereka dan beberapa oknum driver nakal yang kudu dibenahi, gimana caranya deh tuh.
FYI, di China problem serupa (Taxi Konvensional Vs Taxi Online) juga lagi hot hot nya tuh. Tapi bedanya driver Taxi Konvensional disana menyikapinya bukan dengan demonstrasi, justru pihak management mengajak para driver tsb untuk meningkatkan pelayanan, bersaing sehat, luar biasa. Yang baik-baik gapapa kan dijadikan contoh.
Mas Alitt juga cerita minggu lalu naik BlueBird yang drivernya wise, “rezeki Alloh yang atur mas...” gitu kata pak supir BlueBird. Luar biasa yaa, tapi driver tersebut hari ini pasti lagi dipaksa sohib-sohib lainnya buat ikut aksi, gak boleh narik, kasian kan keluarganya :’(
Kalo soal cari rezeki, semua manusia di bumi ini juga sama kok guys, sama-sama cari rezeki buat ngelanjutin hidup. Tapi mbok yaaa ndak pake cara yang buruk juga. Tuhan YME kan nyuruh kita bertebaran di muka bumi, cari rezeki toh, Ndak ada hal baik yang didapat dengan cara ndak baik guys. Kebebasan itu nyata, tapi kebebasan tiap makhluk dibatasi sama kebebasan makhluk lainnya, kita harus saling ngehargain kebebasan masing-masing  toh.
Hehe, maaf yaa ujung-ujungnya Axa sering bahas soal kebebasan kita dibatasi kebebasan orang lain. Soalnya kita hidup di semesta ini ndak sendirian guys.
Jagi gengs, coba deh kita sering-sering merenung hal-hal kecil yang menggambarkan kita menghargai diri sendiri dan orang lain. Ndak usah yang lebay-lebay gengs. Contoh, biasain pake helm kalo berkendara motor, biasain kasih sign belok kiri/kanan misalnya 50 meter sebelom kita belok, jangan semaunya. Biasain baru melaju pas lampu hijau sudah nyala, jangan masih 5 detik lagi udah klakson klakson ndak jelas bahkan ngacir nerobos. Memang sih waktu itu berharga, tapi bukan dengan cara nerobos lampu merah yang cuma hitungan detik itu, kan bisa dengan cara lain misalnya berangkat dari rumah lebih awal, jadi di jalan ndak perlu tergesa-gesa, santai aja. Itu bukti kecil kita menghargai diri sendiri dan orang lain. Ndak susah kan?
Kalo temen-temen, apa contoh kecilnya? BaPer yuk guys!! Ba-Per (Bawa Perubahan) =D

Thursday 17 March 2016

Postingan di Sudut Kamar

Kalo cewek nangis karena sedih ataupun karena seneng sih mungkin terdengar biasa aja, iya gak sih guys.
Tapi kalo menyaksikan pria tangguh menitikkan air mata entah karena terharu ataupun sedih, pernah? That’s moment yang Axa jarang rasakan.
Tokoh kali ini Axa sebut ayah. Yaps, Ayahku pribadi yang tangguh, mungkin arogan, angkuh, dingin. Pria seperti ayah akan terlihat tetap tegar dalam keadaan apapun demi menjaga citra tersebut, mungkin.
Seumur-umur Axa belum pernah menyaksikan Ayah menangis, bahkan sampai kecelakaan motor yang bikin wajah ayah penuh sama jahitan dan 3 bulan harus pake tongkat buat ngebantu jalan, sama sekali gak bikin beliau menangis, kecuali hari itu (waktu Axa kelas 2 SMP).
Yap, kecuali hari itu. Axa lagi berdua sama ayah di rumah, Axa lagi di dapur. Tiba-tiba kayak ngedenger suara isak tangis, bulu kudukku merinding. Axa langsung menuju ruang tengah dan pemandangan itu nyata adanya, ayah nangis. Axa ngintip dikit, gak berani deketin buat tanya ‘nangis kenapa’.
Ayah jarang banget nonton TV, dan hari itu entah apa yang bikin beliau nyetel TV dan nonton berita. Diberita itu sedang ramai ngebahas tokoh yang sangat ayah hormati. Ayah nangis karena tokoh yang ia hormati dicaci maki, dihina, dijudge oleh banyak sekali masyarakat. What??
Dalem hati Axa bergumam, “ya ampun, cuma karena itu bokap nangis? Segitunya?”
Ya entahlah, sampe detik ini Axa belum pernah tanya kenapa ayah sangat menghormati tokoh tersebut. Kan tiap orang punya penilaian masing-masing ya.
Jadi intinya dari pemandangan ayah nangis itu, ada satu hal yang Axa ambil. Yaitu, when kita ngelihat orang yang kita sayang tersakiti atau dalam keadaan sulit, dan disitu kita ndak bisa ngelakuin apapun, saat itulah kita bakal ngerasa dipecundangi sama keadaan, dan cara alami yang ngasih efek tenang ya nangis. Nah, saat itu ayah lagi menyaksikan tokoh yang ia hormati, sayangi dalam kondisi sulit dan terzalimi oleh opini negatif dari banyak orang, dan ayah yang bukan siapa-siapa ngerasa sedih, ndak terima tokoh tersebut dihhina, tapi ayah ndak bisa bantu apa-apa, cuma bisa mendoakan tokoh tersebut.
Menyaksikan ayah nangis gitu nggak sama sekali menjatuhkan wibawa ayah sebagai pria tangguh di mata Axa. Bahkan ayah terlihat makin berkharisma di mata Axa. Itu menunjukan kelembutan hatinya dibalik wajah sangarnya, hehe.
Sekali lagi Axa menyaksikan sosok pria yang Axa sayang menitikkan air mata, dua minggu lalu. Tapi kali ini bukan ayah. Hmm, ndak perlu Axa sebut namanya. Yang jelas malam itu pertama kalinya Axa melihat pipinya basah, matanya sembap karena air mata sedih. Beberapa jam yang lalu, dirinya baru saja ditinggal sang ibu tercintanya. Sama halnya seperti saat menyaksikan ayah menangis, kali ini Axa juga urung untuk menyapa meskipun sekedar mengucap belasungkawa. Menyaksikan orang yang kita sayang menangis, apa kuat? Hanya bisa mendoakan.
Guys, sambil nulis postingan ini Axa sambil twitter juga nih. Kebetulan barusan lagi diskusi sama pria openminded, temen Axa, namanya Fabian. Kami lagi bahas soal kebutuhan akan sentuhan kepada wanita yang menjelang pms alias dateng bulan, absurd banget kan?? Ngebahas hal begitu sama temen cowok yang usianya hanya 2 tahun diatas Axa. Tapi demi tidak terjadi salah persepsi, dan sharing santai aja, maka Axa jawab sesuai pengalaman pribadi aja.
Inti dari diskus barusan sama mas Fabian adalah, bukan Cuma cowok yang punya rasa ingin disentuh, wkwkwk. Apasih ini, untuk pembahasan yang terlalu deeply silakan direct message aja gengs, hehe.
Lalu dilanjut sama tweet Psikologi dari mas Ryu Hasan tentang pelukan. Wih, keren nih. Axa selalu seneng belajar psikologi apapun, apalagi yang ada kaitannya sama romansa hehehe :p
Untuk pengetahuan bersama, Axa review aja ya tweet Pak Ryu Hasan tentang Pelukan nih :
Dari sebuah penelitian mengenai Pelukan, oksitosin secara alami dikeluarkan di otak setelah satu pelukan berdurasi 20 detik, coba aja. Oksitosin menguatkan ikatan antara orang-orang yang berpelukan itu memicu sejumlah sirkuit kepercayaan di otak.
Sentuhan, tatapan, ciuman dan orgasme seksual juga melepaskan zat oksitosin DALAM OTAK PEREMPUAN, tapi tidak pada laki-laki. Jadi pria mau digimanain kalo gak percaya sama perempuan ya tetep gak percaya, gitu ya.
Jadi girls, jangan biarkan ada seorang Pria memelukmu lebih dari 20 detik kecuali kalo kamu ada rencana untuk mempercayainya, hahaha.

Selamat malam, selamat istirahat mwaaah :*
 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design