Monday, 13 April 2015

Besok  Adalah Kemarin Bagi Lusa

Tiap bangun tidur, benda apa yang biasanya kita cari. Berdasarkan hasil survey Axa ke teman-teman, orang-orang disekitar Axa lah pokoknya. Mayoritas jawaban mereka adalah handphone. Sambil merem-merem nyari in handphone, matiin alarm lah, ngecheck ada pesan masuk kah, atau telpon. Kurang lebih seperti itu. Jaman sekarang, wajar.
Kalo jaman orangtua kita masih muda, anak muda bangun tidur ya gak ngecek hape, mungkin. Ngecek kotak pos depan rumah, ada surat dari pacarnya apa nggak. Hahahahahaha *dicubit mama*
Kalo Axa bangun tidur ya palingan sambil merem gerepe gerepe bantal, nyari kunciran. Karena gak begitu betah tidur di pepaya, tadi jam 2 dini hari Axa udah gerepe gerepe bantal nyari kunciran yang kelempar entah kemana. Pas liat jam, udah jam 2 pagi, Axa gak pake lama langsung nyari handuk dan bergegas mandi.
Kayaknya  enak nih puasa Senin bareng Ajunk, bangunin ah. “Junk, Senin loh, puasa gak? Puasa yuk, tapi gak ada makanan sahur nya.” Ucap Axa berusaha ngebangunin Ajunk yang masih pulas. Biasanya kalo jahatnya lagi kumat, Axa bangunin Ajunk gak pake nowel nowel doang, tapi Axa kelitikin kakinya. Tapi Ajunk gak bangun juga, jadilah Axa ganyem indomie soto sendirian buat sahur. Jam setengah 4 Axa bangunin abang, minta anter ke Cileungsi. Adik durhaka lah Axa ini, tiap Senin  bangunin abang-abang Axa buat nganter, pagi-pagi buta pula.  Kalo Ajunk lagi libur kuliah, Axa minta anter Ajunk.
Seperti biasa, tiap dianter abang, Axa ketiduran di motor. Nyusahin berlipat-lipat. Maap ya bang, hehe. Kalo Axa lupa nyangkutin tangan Axa di kantong jaket abang, palingan abang terpaksa pake tangan kirinya buat megangin tangan Axa, sampe ada tanggul yang ngebangunin Axa. Hihi
Sampe di depan kosan, abang gak mampir sama sekali. Langsung balik lagi ke pepaya, katanya ada urusan. Hari ini abang masuk kerja sore. Oke, Axa –pun langsung beres-beres kamar kosan sebentar sebelum berangkat ke pdc.
Heuh rese, Axa lupa hari Sabtu celana kerja empat empatnya Axa cuci, masih demeg. Bailah, Axa kan  masih nyimpen 2 rok di lemari. Bimbang beberapa menit sampe mutusin oke pake rok aja lah sekali-sekali. Meskipun terngiang-ngiang kebayang wajah ka Faisal yang bakal ngeledekin kalo Axa pake rok, haduh. Udahlah xa, hari ini akan berlalu kok.
Jam setengah 6 Axa dah sampe pdc. Huwee, gelap. Semacam sudah tersusun, begitu sampe ruangan buka laptop, setel musik, siap-siapin dokumen buat kerja, sesekali ngelamun. Tapi Senin itu beda banget dari hari-hari lain, rasanya kayak ada tuyul ngegelayut di kelopak mata. Pengen merem aja bawaannya.
Hari ini suasana kerja kok kayak kurang gereget ya. Perasaan Axa aja mungkin.
Gak berasa kan, udah jam 4 aja. Tiap ngeliat temen-temen lewat depan ruangan, dari kaca Axa perhatiin wajah antusias mereka buat segera pulang. Hmm, asik. Tapi bunyi printer dot matrix disebelahku ini selalu berhasil memecah lamunan. Ka Jiar sering ngeledekin kalo lagi nyetak sppdc sore-sore. “haha, makan tuh do nya, dr dari nico aja 280, belom lagi jki yang laen 150, ketiban do dah lu haha” ledeknya. Printer baru berhenti jam  setengah 5, berbarengan sama Axa cut off bagi do.
Males juga kalo besok pagi begitu sampe gak bisa melamun sambil dengerin lagu. Doking sekarang aja ah, pikirku. Beres-beres buku service, beres-beres plat supaya meja rak plat berasa lega, baru deh nyiapin sppdc. Gak terasa tau-tau dah magrib aja. Buka puasa pake teh manis yang dari pagi tergeletak disamping laptop. Laper –pun sampe lupa begitu aja.
Lagi asik-asik kerja, tiba-tiba mba Dinda dengan suara lembutnya nyapa, “Aku nungguin tita aja pulangnya, kepala aku pusing” Suara mba Dinda terdengar lemas.
“Aku selesai jam 7 loh mba, gapapa nunggu?” Tanyaku sambil melirik jam dindng dibelakangku. Ya untung juga sih kalo mba Dinda nungguin, dia tahu betul Axa agak takut pulang sendirian lewat magrib. Tapi gak tega ngeliat mba Dinda nunggu. Tapi emang mba Dinda belum mau pulang.
Axa jadi keinget kata-kata ayah 2 tahun lalu, awal-awal axa kerja. Waktu itu magrib magrib hari Sabtu ayah jemput Axa ke pdc. “Kalo ngikutin syariat agama, perempuan gak boleh ada di luar rumah lewat magrib gini tanpa mukhrimnya. Tapi ya fleksibel aja lah, toh kalo gak begini Tha gak bisa kerja juga kan” | “Iya yah..”
Dari kalimat itu Axa menangkap sebuah ucapan maaf ayah yang hanya tersirat. Percakapan yang gak perlu dilanjutkan, kecuali salah satu ada yang harus terluka. Yap, ayah.
“Dan kalo ngikutin syariat agama, bukannya seorang istri keluar tiga langkah dari rumah aja harus seizin suami kan yah? Kita semua udah jauh dari agama kan yah? Doa’in Tha semoga bisa back to the way, ya yah suatu saat” Ucap Axa senja itu.
Lamunan axa kembali buyar begitu mba Dinda yang tiba-tiba pingsan disebelah Axa. Untungnya masih ada pa Isman di ruang ekspedisi, dan beberapa driver yang lewat depan kantor. Axa langsung minta bantu mereka bawa mba Dinda ke rest room. Axa agak panik, untungnya masih nyetok minyak kayu putih di tas. Sampe pa Soleh yang ngerti mijit mijit jari kaki mba Dinda, sampe mba Dinda sadar. Axa izin ninggalin mba Dinda sebentar buat nyelesain kerjaan, lalu nemenin dia di ruang istirahat.
19:30 [otw markas]
“Dia belum ada kabar juga Ta” ucap mba Dinda dengan suara lirih menahan tangis. | “nangis aja mba gapapa, rasa sakit dan sedihnya jangan dilawan, rasain aja, tapi jangan kebangetan dibawa stress, mana mba Dinda belum makan dari siang kan?”
Sampe di gang kosan, Axa minta mba Dinda duluan karena Axa mau nyari larutan panas dalem dulu. Badan udah gak enak, tapi sudah janji mau nemenin mba Dinda dulu.
“Nih mba, aku bawa susu, kalo mba Dinda gak mau makan, minum susu aja nih” | “Maaf ya ta ngerepotin mulu” | “haduh lebay deh mba, jangan dibawa stress ya mba” | “Ini ta fotokopi KTP nya, beneran kan Tita mau anterin aku kesitu?” | “InsyaAlloh aku usahain Sabtu pulang gak terlalu sore, aku temenin sampe ketemu rumahnya, tapi mba Dinda makan, supaya gak sakit, kalo sakit nanti kita malah gak jadi hari Sabtu” | “Aku gak mood makan, tita temenin dulu ya disini, aku bete banget” | “Makan dong mba, nggak kasian sama yang di perut? Jangan egois mba. Aku janji bantuin cari tu orang tapi mba gak boleh stress, kalo mau nangis ya nangis aja supaya lega”
Seminggu kemarin setiap pulang kerja Axa nemenin mba Dinda ngelepas stressnya, jalan kesana kemari, nyari pempek, besoknya es durian, besoknya duku, besoknya liat-liat TV di Giant, intinya supaya dia gak stress aja sendirian di kosan, nangis gak jelas dan berpikir macem-macem.
Axa nggak bilangin dia untuk sabar, karena Axa sendiri gak ngerti sabar itu yang seperti apa sih. Yang jelas Axa selalu bilang untuk tetep tenang, jangan ngambil keputusan pake emosi, jangan membahayakan, dan jangan membunuh. Yang terakhir selalu Axa bilang tiap sore ke mba Dinda, jangan ngebunuh. “Gak usah bicara tentang agama deh mba, anggaplah kita atheis gak punya agama, tapi kan kita yakin tuhan tuh ada, kita kan masih punya hati, masa iya tega ngebunuh.”
Mba Dinda menangis seperti sore-sore biasanya.
“Aku gerah banget nih mba, aku ke kamar ku dulu ya, mau mandi. Kalo ada apa-apa ketok aja kamar ku” | “Maaf ya ta ngerepotin terus, kalo perlu apa-apa maaf ya aku ketok-ketok kamar tita” | “Iya gapapa J


0 comments:

Post a comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design