Wednesday, 8 April 2015

Malam akan selalu datang, bahkan bagi mereka yang belum sempat merengkuh indahnya sore
 (08 April 2015, Dini hari)
Siapa bilang ngegombal, merayu, dan sejenisnya itu identik sama ‘kebohongan’ yang dilakukan sama pria. Justru merayu dan membujuk itu naluri alamiahnya seorang perempuan loh.
Tapi jangan terbiasa mengumbar rayuanmu untuk apa-apa yang nggak perlu melihat kelihaianmu menggombal dan merayu. Simpan seluruh rayuan dan gombalan mautmu untuk peran berhargamu kelak, iya betul, saat menjadi seorang ibu kelak. Kelihaianmu dalam merayu baby baby dan pasangan mu akan diuji. Saat mereka lebih memilih main video game daripada makan siang, saat mereka lebih memilih bersembunyi dibalik selimut hangatnya kala libur daripada mandi pagi.
Tadi dijalan gak sengaja di jalan ngeliat seorang ibu yang mencak-mencak kesel sama anaknya. Mungkin karena anaknya  agak ngeyel kali ya. Tapi bu, dimana naluri alamiahmu kau simpan? Bukankah kaum kita punya skill untuk merayu. Anakmu hanya butuh dirayu, bukan bentakan, apalagi didepan umum. Mental anakmu bu.
Dua tahun lebih, axa hidup 6 hari dalam seminggu without mama. Gak ada lagi tuh rayuan supaya gak begadang khas mama. Rayuan supaya gak tidur pake kipas angin, khas mama. Artinya, disitu sudah saatnya axa harus melatih skill merayu, seperti yang mama contohin.
Axa jadi inget jelas jaman sekolah, saat mama ngerayu axa yang lagi ngambek gara-gara gak boleh pergi ke puncak malem-malem. Waktu itu Axa cuma berempat (sama Bepe, Reza, dan Radit). Itu pertama kalinya mama larang-larang axa pergi, biasanya bebas mau kemana. Mungkin feeling mama lagi gak enak. Axa yang milih untuk nekat, sampe ditengah jalan perasaannya keganggu pikiran, gak tenang. Kok tumben mama sampe nyuruh Axa janji pake salam jari kelingking.
“Janji ya gak jauh-jauh mainnya, mana jari kelingkingnya, janji dulu”
Kelak Axa ada di posisi yang mama rasain malam itu, saat orang-orang yang kita sayang sedang diluar jangkauan kita, mungkin axa akan ngelakuin hal yang sama kayak mama, minta mereka berjanji. Selebihnya, mereka bohong atau nggak, mama nyerahin itu ke tuhan. Buktinya malam itu tuhan bikin hati axa gelisah udah bohongin mama, dan langsung pulang dan minta maaf karena nyaris ngelanggar janji ke mama. Dan Mama gak marah pas tahu Axa bohong. Setelah hari itu, axa gak pernah gak kasih kabar ke mama, kemana pun.
Seneng baca respon mama di whatsapp, ternyata mama dah baca postingan-postingan di blogspot Axa tentang nanjak gunung. Saat tahu hambatan dan kesulitan yang dialami anaknya saat nanjak gunung (berdasarkan cerita yang mama baca di blog) gak lantas bikin mama jadi ngelarang perjalanan-perjalanan berikutnya. Malah doi ngedoain supaya terus berlatih dan ngasih semangat.
Sampe sekarang yang kadang bikin bete dari mama adalah, jarang boleh kemana-mana bawa motor. Mama pengennya anak perempuannya ngikutin mama, kemana-mana naik angkot aja, lebih aman katanya daripada bawa motor sendiri. Tapi giliran anaknya pergi jauh-jauh, naik gunung misalnya, doi gak khawatir tuh. Axa masih nyari tau apa alesan masuk akalnya. “Naik kereta aja lah Tha, ya..” | “Ta.. Tapi ma.. Okeh”
Ayah juga seumur-umur gak pernah khawatir berlebihan sama anaknya. Makanya Axa syokkk banget pas kemarin ayah marah pas Axa mau berangkat ke Cileungsi jam 3 pagi dari pepaya. Pas lagi musim begal di juanda. Haduh rese banget da ah. Akhirnya nunggu jam setengah 5. Kata ayah nunggu jalanan agak rame. Ayah lebih ikhlas anaknya ketemu macan tutul di hutan, ketimbang anaknya ketemu kang begal di sukatani.

Oiya sambil nulis ini barusan ditemenin sama watsapnya Tomi yang gak pernah gagal bikin pipi Axa pegel. I dunno why. Sekilas terlintas memori dua tahun lalu, percakapan sama dia waktu di kelapa nunggal sore-sore. Unforgetable. Gak penting bagi dia mungkin buat diinget. Terima kasih dan maaf selalu ada namamu disini ya. 

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design