Monday 22 June 2015

Digital Effect
Di era serba digital ini jujur lah ya peran media sosial itu sangat berpengaruh buat kita. Kita??? Oke Axa aja sama sendok mang rajen. Hampir seluruh penduduk Indonesia di desa atau di kota, usia tua maupun muda mayoritas menggunakan gadget multifungsi berbasis entah Android, ada juga yang pake OS eksklusif like Apple. Sudah gak ada lah ya yang pake OS Symbian, hehe piss :p
Semua gadget terinstall berbagai jenis aplikasi, messanger, games online,dll. Messanger or media sosial se-klasik whatsapp, BBM, LINE, Bee, Uber, Path, Instagram, dan sebagainya tentu gak asing bagi kita para pengguna gadget tsb.
Sisi positif dan negatif –pun gak bisa dihindari. Nah, sisi positifnya jelas sangat membantu mempermudah kita komunikasi dengan semua orang dong ya. Jarak saat ini sudah bukan  masalah, semua keep in touch berkat era digital ini. Tapi ada salah satu point negatif yang bikin Axa sebel, bete, kesel, gara-gara kemajuan teknologi ini. Tau Apa?? Yap, gara-gara komunikasi makin mudah, kita –pun jadi makin mudah mengubah pikiran, mengubah jadwal janji temu sama temen, sesuka hati, semau kita se-enaknya. Karena mungkin kita pikir, ah kalo macet tinggal BBM ‘sorry bro, gue kejebak macet’ atau tinggal ketik ‘OTW’ untuk membuat temen kita berpikir kita bener-bener lagi melesat ke lokasi padahal entah, cuma tuhan dan dia yang tau. Annoying tentu, semua makin ngegampangin, nyepelein, nyebelin.
Bandingin sama orang jaman dulu, tahun 70 atau 80’an lah misalnya, gak usah jauh-jauh. Mau komunikasi harus pake surat via pos, nunggu pesan kita dibaca aja lama banget rasanya, lalu nunggu balesan. Misalnya remaja yang ngejalin LDR janjian jemput di stasiun gitu lah ya, ya tentunya mereka bakal dateng sesuai janji di surat yang dia kirim beberapa hari sebelumnya, dengan keterangan lokasi yang detail dan akurat banget, semua informasi tercantum di surat dan sebisa mungkin gak mereka langgar. Sekalipun hujan, maybe. Asik banget ngebayanginnya. Semua orang berasa penuh tanggung jawab, kala itu.
Lah kalo kita jaman sekarang. Bilang jam 2 siang, jam setengah 2 masih di rumah. Tau-tau ngaret 15 menit. Tanpa rasa bersalah tinggal kirim pesan via messanger, kasih alesan klasik dan bisa dateng telat dengan cengar-cengir. Huhh.. mental kita makin hancur kalo kita menyikapi kemajuan teknologi dengan cara yang nggak banget kayak gitu guys.
Ayo deh, tetap hargai waktu, orang lain, dan diri kamu sendiri dengan terbiasa penuh tanggung jawab sama janji. Kemajuan teknologi harusnya bikin kita makin hebat, jangan malah bikin nilai kita berkurang. Menambah nilai diri dengan memanfaatkan teknologi yang makin canggih ini, meng-added value kalo istilah bunda Fidarasha.
Udah ah xa nyinyir nya. Gak cape? Hehe :p
Gimana guys puasa nya? Udah masuk hari ke – 5 loh. Insha Alloh Axa masih puasa nih. Tapi tadi pagi tuh ya Axa dah lemes aja. Gara-gara habis sahur kan langsung move dari Pepaya ke Cileungsi dianter ayah. Eh di depan Ciputra motor ban nya bocor. Dan gak ada tukang tambal dikesepian jalan. Akhirnya jalan kaki nyari tukang tambal ban baru ketemu di perempatan nagrak, ya tuhannnn :’(
“Musti ganti ban dalem nih tigapuluhlima ribu” | “Owh yaudah mau gimana lagi” | “uang ayah tinggal buat bensin, gimana?” | “Owh, ya pake ini aja yah” | “Tha masih ada sisa?” | “nggak, ini warna  biru sisa selembar, buat sampe hari kamis tadinya yah.. hehe” | “waduh terus gimana dong Tha?” | “Lah, ya mau gimana. Tenang aja lah yah, rejeki kan ada yang ngatur. Lagipula hari kamis insha Alloh Tha dah gajian kok yah”
Kalo ngebayangin muka Axa pas ngomong kayak gitu ke ayah lucu kali ya, sok tua bener gaya Axa, hehe. Padahal mikir juga dalem hati ‘Lah iya sisa 15 ribu buat Senin sampe kamis, paling tidak sampe rabu lah’. Tapi Axa lagi belajar tenang dan dewasa, jadi gak boleh panik gak jelas. Mikirnya nanti aja Hehe :p
Oiya back to topik digital person bentar, hehe. Kemarin malem Axa iseng nyari-nyari diary digital kakak-kakak Axa. Bang patih, Ajunk, juga si cici paling juara (ka Tri). Awalnya nyari-nyari diary Ajunk susah banget, ternyata dia dah gak pake wordpres lamanya, beralih ke esy. Ka Tri sama Bang Patih masih pake blogspot sama kaya Axa. Tapi abang terakhir post udah lama buanget, jaman batu. Ajunk terakhir post 2 bulan lalu. Seru juga baca diary mereka. Axa suka banget sama gaya nulis diary Ajunk. Beda banget pas Axa mampir ke blogspot abang, haduh. Jujur, pas baca diary abang kok berasa ‘dih alay banget abang gue dih’. Ini kan diary tahun 2012, berarti abang tulis di usia yang sama seperti Axa saat ini. Tapi kok ada yang janggal, hahaha.. piss bang :p
Apalagi yaaaa yang berhubungan sama digitalisasi, hmm..
Oiya, Axa pribadi merasa berterima kasih sama media sosial twitter. Karena secara setengah sadar, Twitter bagi Axa punya peran penting selama proses pendewasaan Axa. Berpengaruh banget entah gimana menjelaskannya. Jadi sampe saat ini, walaupun gak pernah update status di twitter, Axa tetep rutin setiap hari cek timeline twitter, buka berita detik, kompas, VivaNews, akun komunitas HS, LL, anak-anak agromedia, selebtwit yang tiada henti menghibur, digital person kayak Panji Pragiwakso,  yang tiada henti berbagi ilmu. Sekedar melihat keramaian timeline, ketawa sendiri, lalu tutup lagi. Banyak ilmu dan hiburan berkualitas di twitter. Apalagi lucunya tadi sahur, anak twitter yogja-lombok-jakarta-depok-dll lagi pada main hastag #CelotehBenda, sumpah kocak, lucu bangettt.
Axa lagi semangat-semangatnya berangkat pagi ke kantor nih kalo bulan Ramadhan gini. Bukan.. Bukan semangat buat kerja, hehe. Tapi semangat belajar baca Al-Qur’an di mushola. Honestly, kalo belajar sendiri di rumah tuh Axa malessss banget. Kadang mama juga suka nanya, gimana tadarusnya lancar gak. Ya Axa selalu bilang ke mama, Axa udah lama gak pernah baca Al-Quran lagi, karena males, gak ada yang koreksi bacaan Axa. Kalo di pepaya sih enak, ada mama yang ngajarin (itupun jaman dulu). Makanya kalo bulan Ramadhan gini seneng, ada bunda Fidarasha yang ngajarin baca Qur’an, ada Siril, ada kang Ujang, ada om Nur, ada ka Renza.
Ini sudah Ramadhan ke – 3 Axa lalui bareng temen-temen di mushola Al-Hidayah. Awal-awalnya sebel dan males tadarus bareng, karena malu. Tiap kelas tadarus yang lancar bacanya ya Siril, bunda, ka Renza, kang Ujang, bang Fathur, om Nur. Sedangkan Axa dan mbak Anti yang bacaan Al-Quran nya masih berantakan, kata Siril. Malah awal-awal diketawain sama ka Renza. Tapi justru malah bikin Axa semangat sih belajar Qur’an nya. Selama masih dikasih usia buat belajar, ngapain malu. Selama ada yang mau ngajarin juga. Untung ada bunda sama Siril yang tiap pagi dan siang dengan sabar dengerin ayat demi ayat bacaan Axa yang berantakan ini. Thank you soooo much :’)
Bicara soal aktif dikegiatan pdc, jadi flashback ke jaman-jaman awal di cileungsi,
Kalo Ramadhan ke-3 berarti ini ketiga kalinya juga insha Alloh akan hatam Al-Qur’an bareng temen-temen mushola Al-Hidayah, ketiga kali juga ngurus agenda Ramadhan di pdc seperti buka puasa bersama karyawan. Seneng aja dikasih tugas untuk mengotak-atik proposal acara setiap tahun, nyusun rangkaian acara, berasa jaman sekolah dulu waktu gabung di OSIS. Puas rasanya terlibat di balik layar sebuah acara. Jadi inget waktu persiapan buka puasa di pesantren belakang pdc waktu Ramadhan pertama Axa disini bareng adik-adik santri yatim. Axa, bang Fathur, Siril, bang Ferdi sibuk persiapan dari sore, karena kompak rasa lelah pun jadi happy. J
Habis Ramadhan kan lanjut Syawal tuh. Nah sudah 2 tahun juga ngurus acara Syawalan. Walaupun ngurus acara cuma berdua sama pa Helmi aja, tapi seru. Seneng aja bisa konsultasi acara ke bunda Fidarasha, more learning, ilmu nambah, mental makin baja harusnya, karena untuk satu proposal acara semisal buka puasa aja Axa bakal berkali-kali ngeprint proposal, coret lagi, edit lagi, konsul lagi, hehe seru lah.
Beda halnya sama pas join ngurus acara family day, hehe. Kurang seru, kurang kompak, kurang gereget lah pokoknya. Soalnya cuma sibuk sama ka Renza dan pa Leman aja.
Ditambah bulan ini kami (Nday, Ka Jiar, Mba Anti, Axa, mas Tyo) ditantang pa cuplis untuk menyelesaikan risalah qcc minimal 50%. Makanya hari ini Axa baru sampe kosan jam 7. Tapi tetap semangat tentunya!! Ganbatte!!!! Meskipun dampaknya gak bisa ikut teraweh deh. Hmm, semoga ini termasuk jihad juga deh ya, aamiin. Mayan juga kan buka puasa di pdc bisa comot comot gorengan. Ehh ditambah diteraktir jus durian sama om fandis. Hadeh rejeki anak kosan ditanggal segini. Makasi om!!!
Oiya be, siang tadi juga CRO dari Persaels (bu Vita dan Bu Soraya) dateng ke pdc, sosialisasi askes, sharing, sekalian taken kontrak tahunan, biasa. Entah ya, gak ada yang topik pembahasan yang menarik untuk dipertanyakan. Pertemuan sama CRO kali ini terasa singkat banget, gak spt sebelum-sebelumnya.
I think enough for today. Mau istirahat dan mimpi menyenangkan supaya ion negatif seharian ini lepas :p
Selamat petang, kesayangan Axa~

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design