Sunday 14 June 2015

Un-identified Feeling
Minggu, 14 Juni 2015 ( 00: 29 WIB)
Kalian paham rasanya dipecundangi lawan? Semua orang paham rasa itu mungkin. Tapi kalo dipecundangi keadaan, tau rasanya kayak apa? Palingan kita Cuma bisa nyalahin diri sendiri, larinya kemana? Ya kalo nggak nangis, palingan kabur-kaburan kemana. Syukur-syukur kalian punya skill menenangkan diri sendirI. Kalo nyatanya kalian butuh media atau oranglain untuk bantu meredakan panik atau kalut kalian gimana? Dan di saat yang bersamaan mereka semua is nothing, satu pun. Kalian bener-bener harus do it by self. Menyeka sedih mu sendirian di sebuah kubus 5 x 3 meter, isn it? Meskipun sebenarnya banyak sahabatmu yang care, yang telinganya siap 24 jam buatmu, bahkan 25 jam mereka siap mendengarmu. Tapi kalo kamu ngerasa butuh sendiri? Ya menyendirilah, gitu.
Kata mama, banyak orang di luar sana yang punya masalah lebih rumit dari yang kita alamin. Jadi jangan lebay, action aja terus, mainkan aja peran kita terus, hadapin, toh jarum jam gak pernah berhenti, dan lagi tuhan gak tidur.
Gimana aja sih contoh kasus dipecundangi keadaan??
Misalnya gini, orang tersayang kita (ibu kita misalnya) lagi urgent butuh bantuan kita, entah bantuan apa. Tapi di saat itu kita bener-bener buntu, gak bisa berbuat apa-apa, gak bisa bantu apapun, stuck at the moment. Kalian berpikir keras, muter otak gimana –pun harus bantu nih, tapi mikir berjam-jam gak nemu jalan keluar yang klik juga.
Yaudah, ambil wudhu aja dulu, sholat dulu, tenangin pikiran. Itu kalimat andalan Ka Pahjiar, yang seringkali Axa denger kalo dia lagi suntuk-suntuknya. Mama Axa juga sering ngingetin semacam itu. Barangkali, berdoa/solat itu memang bikin kita candu, ketenangan yang luar biasa saat kita pasrah itu tiada dua, sekalipun usai solat nanti kita harus bertempur lagi dengan hati.
Sama halnya lagi bagi para pelaku LDR misalnya. Denger kabar pasangannya sakit, hancur sudah moodnya sepanjang hari. Gimana nggak.. Saat pasangan kita sakit, kita cuma bisa denger suaranya yang sendu dari kejauhan, boro-boro bawain makanan sehat buat pasangan. Kita gak bisa apa-apa guys, pedih rasanya. Kata-kata semodel ‘get well soon, sayang’ rasanya kosong, hampa, gak ada makna. Itu contoh-contoh kondisi ‘dipecundangi keadaan’.
Makanya bersyukurlah kalian yang senantiasa mampu ngebantu orang-orang tersayang saat mereka butuh sandaraan, dukungan, bantuan kalian.
Intinya sih Axa lagi galau, dan merasa dipecundangi keadaan. Mama lagi butuh support, sedangkan Axa gak bisa apa-apa. Ditambah kondisi hati yang lagi gak bersahabat akibat banyak faktor.            
Maaf ya mam, Tha lagi gak mood ke depok, Sabtu ini gak pulang. puasa pertama aja paling bobo di pepaya
Owh yaudah, kalo gitu mama gak pulang juga deh
take care, mam!!
Kayaknya Axa lagi butuh ‘hari tenang’ buat introspeksi diri. Banyak banget yang perlu dibenahi dari diri ini.
Alunan lagu Every Time We Touch nya Cascada gak berhenti sejak semalam. Gak tau bayangan siapa yang melipir dibalik lagu itu Axa pun gak peduli. Yang Axa butuh cuma tenang, sejuk, hangat.
Ajakan bunda Fidarasha buat join acara rutin 6 bulanan Tiaskomka –pun Axa gak bisa ‘iya-in’. Ajakan malem mingguan DAKI –pun terpaksa Axa gak bisa iya-in padahal kangen banget sama DAKI (Dodi, Alin, Khansa).
Ta, katanya mau emam bakso??!! Malem ini ke rumah gue yuk
Kalo mau pada ke cileungsi deh gantian, gue lagi gak mood ke depok nih darling”  Bales Axa di chat room watsap DAKI.
What should i do kalo kondisi hati lagi begini, tuhan?? Teriak teriak ‘hold my hand, tuhan!’ atau joget joget di kamar pake musik DJ, gitu??? Hah???? :’(
Chat room Line Nusa Bangsa juga aktif banget nih, kangen sih bisa kumpul sama mereka. Beberapa sahabat 010 selalu rutin berbagi cerita di chat room, beberapa dari mereka sudah jadi polisi, tentara, ada yang pramugari, ada yang lagi sibuk skripsi, ada yang lagi pendidikan pilot, ada yang sudah jadi mami, ada yang merantau di pontianak, padang, yogja, bandung, pokoknya Nusa Bangsa 21 orang putra dan 21 orang putri sudah mencar  jauh-jauh, beberapa aja yang masih tersisa di Depok, Axa misalnya, hehe. Bahagia lah pernah menyatu sama kalian.
Karena bikin batere hape boros grup Nusa Bangsa  pun Axa mute, I feel sooooooooooooooooo suntuk!! :’(
Kalo dulu-dulu pas lagi suntuk bete gini, sore-sore Axa main ke hall deket kampus Fakultas MIPA – UI, ngeliatin komunitas remote control yang pada asik balapan rc. Axa mah bagian ngeliatin aja, sambil jajan somay atau aci. Hati mah pengen main ke PRJ kemayoran kek, atau PRJ monas, nyari mainan diskonan. Ah se diskon diskon nya teteup aja!! Kamu gak punya budget beli mainan apapun bulan ini xa!!!!
Kalo nanya sama mbak Nadia (kakak kelas di KPI), percakapannya akan absurd seperti ini
 “aku suntuk banget swear, wht should i do mbak?” | “kissing lah!!” | “watta hell !! Jawabannya gak ada yang lebih nyakitin lagi?? It killed me loh mbak!!” |”Loh, nih artikel kesehatan, manfaat ciuman!!” | “mbak, ada UFO!!” *kabur*
Ahaaaaa!! Barangkali Axa perlu mampir ke gramedia ciputra nih. Perlu bermanja-manja sama novel-novel fiksi. *ngintip isi dompet*
Hmm, tinggal budget buat bayar kuliah!! Ah, gapapa lah satu atau dua buku mah. Hehe!! :p
Kata mama kan jangan terlalu khawatir mikirin hari esok, yang penting jalani hari ini dulu!! Hehe *dicubit mama*
Kalo kata mbak Maria, “gapapa uang nya habis buat hobi, yang penting pastikan setelah itu bikin diri kamu makin semangat buat cari uang lagi”
Habis bingung sih mau main apa lagi. Axa sama kayak Ajunk, kami bukan gamers. Beberapa temen bilang “kuper, gak gaul lo ah, get rich gak main, clash of clans gak main, gak main game apapun!!”
Lahh biarin, emang Axa gak begitu suka main game kok, ngapain maksain  nge-game masa kini cuma biar dibilang update dan gak kuper. Dari jaman TK sampe sekarang game favorit Axa cuma Tamagotchi, titik!! Ngomongin tamagotchi, jadi kangen tante Evie, ah sudahlah :’)
Karena ada sedikit kendala di kantor, kerjaan baru selesai jam 3 sore tadi. Mbak Anti dan mbak Dinda keliatan masih kerasan di post out. Ternyata mbak Anti nunggu her husband jemput jam 7 malem, wih masih lama. Mbak Dinda juga males pulang, karena galau, dia nangis aja tuh di pojokan kontener. Axa, mbak Anti dan om Haryono sengaja ngegodain mbak Dinda supaya selesai nangisnya.
Axa yang juga lagi males pulang ke pepaya, ikutan bingung mau ngapain lagi. “Oiya, daripada pada bingung, aku masakin macaroni barbeque aja gimana? Tapi aku pinjem motor, ngambil alat-alat masak di kosan
Judul  masakannya ‘Makaroni Spicy Barbeque with embel embel bakso keju gak jelas ala Axa’.  Om Haryono, Yudis, mbak D dan mbak Anti jadi tumbal pertama yang nyoba masakan gak jelas Axa sore tadi, lalu dilanjut om Diki, pakde Isman, pa Agus, pa Hafiz. Semua komentar yang sama, pedes amat!!!  tega banget tah!!
“Tah, besok kalo mau masak lagi bilang om ya, nanti om yang modalin bahan-bahannya, kurang jamur sama beef nih” Celetuk Om Diki dari ruang ekspedisi.
“Aku tadi kepikiran jamur om, cuma bahan-bahan yang ada di kosan aja aku bawa, hehe. Bener ya om besok-besok bawain bahannya!!”
Selesai makan, aktivitas udah gak ada lagi, galau kami –pun menyeruak lagi ke permukaan. “Kita nonton konser aja yuk di Bekasi Square, Sheila on 7 loh” celetuk mbak Anti. | “yukkkk!! ayuk dong titah!!” Bujuk mbak D. | “Aku sih sebetulnya pengen ke gramed aja, tapiiii boleh juga tuh. Tapi kita naik apa mbak? Ngecer?”
Begitu deal, cari pinjeman motor dan helm. Axa, Mbak D, dan mbak Anti pulang dan beres-beres di kosan mbak D. jam 7 om Narto dah jemput mbak Anti di PDC, kami –pun langsung cauuu!! Yuhu!!  
Setiba di Bekasi Square, langsung menuju dak lokasi konser. Mbak Dinda ngeh kalo disitu Axa badmood, gak nikmatin acara. “Kok sedih gitu sih. Gak seneng?” | “Gapapa kok mba, aku cuma gak kenal grup band nya aja, warming up kok, nanti kalo pas Sheila tampil juga happy!! Hehe”
Gak ada yang merapat ke pepaya, sodara?” Tanya Ajunk di grup, memecah lamunan Axa ditengah konser.
Iya nih, puasa pertama aja deh ke pepaya nya” Baru Axa yang bales.
“Bentar lagi sampe pepaya nih” Sahut abang.
Mama gak jawab karena di tempatnya emang gak ada sinyal sama sekali. Ajunk yang sendirian di pepaya mungkin kesepian, gak ada yang pulang.
Thanks buat Sheila On 7 deh, lumayannnnn banget bisa teriak-teriakan. Sedikit lega rasanya. 9 lagu yang dibawakan –pun asik semua. Akhirnya jam 00:00 sampe juga di kosan.
Axa –pun aneh sama diri sendiri. Nyaris 3 tahun di Cileungsi, sekalipun Axa belum pernah gak balik ke pepaya dengan alasan ‘gak mood’. Belum pernah. Dan entah kenapa kali ini. Un-Identified.
Padahal tahu hari Minggu di kosan juga bakal ngebosenin, sendirian.
Malam minggu semalam juga beberapa kabar harusnya bikin Axa tergerak hati pulang. Mang Sani ngabarin embah putri lagi gak sehat. Pagi ini juga bude Miranti nelpon, keluarga mau rame-rame ziarah ke makam embah kakung, lagi-lagi hati gak beranjak. “Suaramu serak gitu, lagi sakit ya?” tanya bude. | “gak bude, baru bangun tidur aja mungkin, tha gak ikut ke bojong nih, masih di Cileungsi” | “Owh yaudah istirahat aja”
 Gak lama setelah bude, mama juga telpon
Posisi dimana tha? Suaranya serak gitu, gapapa? Kok gak ke pepaya? Mama mau nyusul ke bojong nih” | “kayaknya Tha dah bilang, mau istirahat di kosan aja, maaf ya ma gak bisa ikut” | “yaudah hati-hati ya Tha
Suasana kosan juga sepi banget, 3 kamar disini tak berpenghuni. Tumben, biasanya begitu ada kamar kosong, langsung ada aja orang baru yanag nempatin. Kali ini udah berhari-hari tetep kosong. Sepi banget.
Dari pagi mau ke apotik kenari aja gak jadi jadi, mager jalan ke depan angkotnya. Tetangga pada sepi, gak ada motor yang bisa dipinjem. Tau-tau udah malem lagi aja kan. Ya gitu, pagi-malem-pagi-malem.
Have a ‘nice’ weekend xa..
Selamat petang, kesayangan Axa~

0 comments:

Post a Comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design