Friday, 5 June 2015

Dilema Rutin :p
Sudah Jumat malam aja ya, gak terasa. Yakalih.
Rutinitas tiap Jumat sore, galau!!
Galau besok pulang ke pepaya gimana, sama siapa, gitu aja bahan galau tiap Jumat. Untung-untung kalo jam pulang lagi memungkinkan nebeng ka Jiar. Nah kalo lagi gak klik. Kalo dulu-dulu lebih seneng dijemput ayah, lebih aman aja.
Jadi flashback jaman sekolah. Saban pulang sore dianter temen (gent), siapa aja yang bisa ditebengin ya Axa nebeng. Sampe ada percakapan sama Ajunk,
“kok beda-beda sih yang anter pulang?” | “ya  kan adanya dia, namanya juga nebeng.” | “gak bisa naik angkot aja? Kan biasanya bareng Alin naik angkot” | “ya kalo masih punya ongkos, Tha naik angkot lah. Kalo nggak gimana?” | “sms gue kek, abang kek, ayah kek, renzo kek”
Intinya sih menurut Ajunk, kalo pacarmu atau abangmu atau ayahmu gak ada yang bisa jemput, ya naik angkot, jangan nebeng (gent). Kalo nebeng cewek gapapa. Dulu sering minta anter pulang Bepe atau Khansa juga sih, kalo kebetulan mereka lagi bisa.
Jadi kebiasan sampe sekarang, tiap mau minta anter jemput temen (gent), mikirnya lama. Inget Ajunk. Tapi beda pandangan lagi nih kalo abang Axa yang satu lagi, bang Patih. Axa cerita ke abang soal pendapat Ajunk yang tadi itu, tanggapan abang, “haduh, jangan idealis gitu lah, fleksibel aja, pulang bareng siapa aja yang bisa, yang penting sampe di rumah dengan kondisi aman”
Yaps, kedua abang Axa punya pandangan beda-beda. Nah bagimana dengan ayah? Ayah lebih mirip ke Ajunk. Beliau worry kalo Axa harus ‘jalan’ sama orang yang beda-beda.
Jaman sekolah dulu, Axa lebih sering pergi kemana-mana sama ka Aghee dan temen-temen Axa. Renzo sering nungguin Axa di pepaya sampe malem, ayah agak kesel sama Axa mungkin.  Ayah sering nanya, “Tha, jalan dan kontek sama siapa-siapa mulu, emang renzo gak masalahin?” | “Tha kalo kemana-mana dan sama siapa-siapa aja bilang ke renzo kok yah, kalo dia gak bolehin ya gak maksain” | “oiya???”
Pernah waktu makan soto sama mama di ruko deket pepaya, mama bilang ke Axa, “ayahmu masa protes ke mama, gara-gara temen-temen (gent) Tha beda-beda yang main ke rumah, rese bener, mama sih oke oke aja, temen semua kan? Masa ayah gak enak sama renzo katanya, lah”  
Kebetulan jaman sekolah, apalagi jaman Axa jadi ketua paskibra di sekolah, temen-temen Axa hampir tiap hari main ke rumah, dan sering banget nginep, dan kebanyakan cowok, entah bejo, faris, adit, dodi, jalu, dan lain lain. ceweknya ya palingan bepe, alin, khansa. Ayah agak risih mungkin karena posisinya waktu itu renzo selalu ada di pepaya juga, kalo mama mirip kayak abang, santai-santai aja, gak jadi masalah, fleksibel gitu.
Sampe jaman Axa kerja, baru minggu-minggu pertama kerja, pulang lewat magrib terus. Kondisi trek dari kantor ke kosan jaman awal Axa kerja tuh masih horror banget, dayeuh masih hutan banget *lebay* jadi Axa gak berani pulang gelap sendirian. Ayah –pun ingetin , “kalo ngikutin syariat sih, perempuan gak boleh ada diluar rumah lewat magrib tanpa makhromnya” | “ya terus, harus minta temenin abang-abang atau ayah gitu? Kan repot yah.” | “Kalo pulang sama siapa?” |  “dianter ka ical atau ka panji yah” | “tuh iya kan, mending usahain pulang sebelum magrib, sebelum gelap, jadi bisa sendiri kan” | “ya kalau mau ikutin syariat, perempuan di rumah aja yah, buka usaha, dagang, kayak istri rosul, siti Khadijah” (durhaka banget Axa nyahut kayak gitu coba) | “iya juga sih, yauwis fleksibel aja, yang penting hati-hati terus ya.”
Gak kerasa udah nyaris 3 tahun tinggal sendirian, dan berusaha se-fleksibel mungkin. Kata mama, “dibikin simpel aja deh tha”
Dan barusannnn, Axa selesai kerja dah lewat magrib. Jadi tuh ya, kalo pulang gelap sendiran dari PDC, Axa akan pilih rute muter lewat rawa cangkudu timur, bayangkannnn?? Muterrr, karena gak berani lewat rawa cangkudu satu yang super gelap ituh, huaaa.. Jadi kang Deden (yang jaga kosan) nanya mulu kalo Axa pulang dari arah cangkudu timur, “kok lewat sono teh?” | “iya kang, abis mampir ke warung pulsa dulu, hehe”
Padahal abis muter menghindari ke-horror-an rawa cangkudu 1. Ya gitu deh (-_-)”
Kecuali kalo pulang main, lewat gang nangka, gak masalah, terang soalnya hehe.

So, intinya besok pulang gimana xa? *lanjut goreng risol sama bakwan jagung*

0 comments:

Post a comment

 

Iftitah Axa Template by Ipietoon Cute Blog Design